Fakta-fakta Sesar Lembang yang Jadi Ancaman Bencana Besar Kota Bandung
Foto
Foto gunung batu yang berada di titik Sesar Lembang Kabupaten Bandung

Fakta-fakta Sesar Lembang yang Jadi Ancaman Bencana Besar Kota Bandung

Fakta-fakta Sesar Lembang atau Patahan Lembang terungkap. Ternyata patahan tersebut bisa jadi ancaman bencana besar Kota Bandung dan beberapa wilayah sekitarnya. 

Penasaran dengan fakta lainnya? Berikut correcti.id sajikan untuk Anda fakta-fakta Sesar Lembang dari Wikipedia dan beberapa sumber lainnya.  

Sebuah patahan geser aktif

Setelah ditelusuri, tim correctoo.id menemukan penjelasan bahwa Sesar Lembang adalah sebuah patahan geser aktif. Titik keberadaan patahan tersebut berpusat di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia. 

Baca juga: Fakta Kisruh Jilbab Sekolah di Padang, Ternyata Siswi Nonmuslim Mengaku Tidak Dipaksa

Peta Sesar Lembang


Jika dilihat dari peta, Sesar Lembang merupakan sebuah patahan aktif yang terbentang dari Padalarang di bandung Barat hingga Cilengkrang di Bandung Timur. Panjang Sesar Lembang terbentang sejauh 29 kilometer. 

Mampu meyebabkan gempa 6,8 hingga 7 sr

Sesar Lembang atau dikenal dengan juga dengan sebutan Patahan Lembang berpotensi sebabkan guncangan gempa dengan kekuatan 6,8 sampai 7 skala ritcher. Belakang sempat beredar berita bohong bahwa potensi gempa Sesar Lembang dalam waktu dekat. Namun hal tersebut dibantah oleh BMKG.

Baca juga: Nita Thalia Bongkar Cerita Tolak Tawaran Jadi Istri Kedua Raffi Ahmad  

Tanggapan BMKG potensi gempa Sesar Lembang

Rasmid sebagai Kepala Seksi Data dan Informasi (datin) BMKG Bandung menyebut potensi gempa yang disebabkan Sesar Lembang terjadi pada 2021 adalah salah. Dirinya menerangkan bahwa potensi gempa Sesar Lembang diprediksi terjadi pada tahun 2100 secara hitungan kasar.  

Prediksi tersebut berdasarkan pada rumus bahwa pelepasan energi Sesar Lembang terjadi setiap 500 tahun sekali. Hal ini merujuk pada data bahwa kejadian serupa terjadi pada tahun 1600an. Jika demikian maka potensi gempa sebab Sesar Lembang bisa terjadi pada 2075 atau 2125.



Tag :

sesar lembangfakta sesar lembangsesar lembang adalahsesar lembang bmkgsesar lembang petagempa sesar lembangpotensi bencana sesar lembangsesar lembang bandungpatahan lembangpanjang sesar lembang

Artikel Terkait :

  • Kuasa Hukum Beberkan Sosok Pengancam Pembunuhan Terhadap Amanda Manopo

  • Resmi, Simon McMenemy Kembali ke Bhayangkara Solo FC

  • Masa Depan Zidane Diyakini Masih Aman Jika Alami Hasil Buruk di Liga Champions 2020/2021

  • Fakta-Fakta Ikan Hiu Aneh di NTT, Mirip Wajah Manusia hingga Ditawar Jutaan Rupiah


  • Share to: