Fakta BPOM Restui Vaksin Covid-19 Sinovac, Efek Sampingnya Ringan

Fakta BPOM Restui Vaksin Covid-19 Sinovac, Efek Sampingnya Ringan

Ahmad Diponegoro
2021-01-11 17:04:15
Fakta BPOM Restui Vaksin Covid-19 Sinovac, Efek Sampingnya Ringan
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya merestui vaksin Covid-19 Sinovac. BPOM berpendapat, vaksin yang berasal dari China itu mempunyai efek samping ringan dan sedang. berikut fakta lainnya. Ilustrasi. Foto: Pixabay

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya merestui vaksin Covid-19 Sinovac. BPOM berpendapat, vaksin yang berasal dari China itu mempunyai efek samping ringan dan sedang. berikut fakta lainnya.

Restu BPOM terhadap vaksin Covid-19 Sinovac itu tertuang dalam izin penggunaan darurat vaksin Covid-19. Vaksin asal China Sinovac dengan nama CoronaVac resmi mendapatkan EUA atau Emergency Use Authorization.

Sekedar informasi, EUA atau otorisasi penggunaan darurat adalah izin yang dikeluarkan untuk penggunaan metode atau produk medis tertentu di mana dalam hal ini adalah vaksin Covid-19. 

Baca Juga: BPOM Keluarkan Izin Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac

Izin vaksin Covid-19 Sinovac itu dikatakan olej Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito dalam konferensi pers secara virtual, Senin 11 Januari 2021.

"Vaksin Covid-19 CoronaVac aman. Efek samping ringan dan sedang," kata Penny.

Baca Juga: Daftar Lengkap 49 Juta Penerima Vaksin Covid-19 sampai April 2021

Untuk efikasi, Penny mengatakan vaksin CoronaVac Sinovac ini data imunogenitas berhasil dengan baik. "Efikasi vaksin 65,23% di Indonesia," kata Penny.


Share :