5 Tanaman Hias Mudah Dirawat Cocok untuk Pemula Hobi Bunga

5 Tanaman Hias Mudah Dirawat Cocok untuk Pemula Hobi Bunga

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-03 22:35:29
5 Tanaman Hias Mudah Dirawat Cocok untuk Pemula Hobi Bunga
Geranium (foto: Tokopedia)

Akibat pandemi Covid-19 banyak orang tiba-tiba hobi denga tanaman hias. Tanaman hias begitu indah untuk mempercantik bagian dalam maupun luar rumah.

Nah, bagi kami yang mulai hobi dengan menanam tanaman hias dan bingung pilih bunga cantik yang mudah dirawat. Tanang, kali ini Correcto.id akan merangkum untuk rekomendasi tanaman hias yang mudah dirawat cocok bagi pemula hobi tanaman hias.

Berikut tanaman hias mudah dirawat cocok bagi pemula hobi tanaman hias dilansir dari haibunda.com:

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bunga Berwarna Hitam, Cocok Untuk Memperindah Taman Rumah

1. Kembang Sepatu


Kembang Sepatu (foto: Nursery Live Wikipedia)

Dikutip dari Health Line, tanaman hias bunga kembang sepatu dikenal dengan bunganya yang besar dan berwarna-warni. Bunga ini cocok sekali buat ditanam di halaman rumah.

Berasal dari daerah tropis,tanaman hias bunga kembang sepatu berbentuk corong yang terdiri dari 5 kelopak. Benang sari kuning yang muncul dari tabungnya memberikan tampilan. Apalagi warna bunganya bisa bervariasi dari putih, kuning, pink, merah, oranye, peach, hingga ungu.

Tak hanya punya tampilan yang cantik buat halaman rumah, tanaman hias bunga kembang sepatu juga memiliki kegunaan sebagai obat. Bunga dan daunnya bisa dibuat menjadi teh untuk membantu mengatasi berbagai kondisi. Misalnya saja melawan bakteri.

2. Marigold


Marigold (foto: gilmour.com)

Tanaman hias bunga marigold menampilkan beragam warna mulai dari oranye, kuning, hingga merah. Tentunya bunga marigold menjadi hiasan yang indah di halaman.

Marigold yang cantik ini bisa terus berbunga selama 3-4 bulan setelah 2 bulan sejak disemai. Dikutip dari Gardening Know How, bunganya bisa tumbuh tunggal atau ganda, dan dalam ukuran mulai dari 15 cm sampai 1 m. Menarik sekali ya, Bunda, untuk mulai menanamnya.

Merawat marigold pun memang terbilang mudah. Tanaman hias bunga ini tahan terhadap sinar matahari, panas, kekeringan, bahkan musim hujan seperti saat ini.

Menariknya lagi, akar dan batang tanaman hias bunga marigold dapat menekan populasi cacing tanah yang memakan akar tanaman hias. Sehingga dapat melindungi tanaman hias lainnya, yang ditanam dekat marigold.

Baca Juga: Anggrek Bulan Tanaman Hias Cocok Mempercantik Kamar Mandi, ini 4 Lainnya

3. Begonia


Begonia (foto: Gardening Know How)

Tanaman hias bunga begonia cocok ditanam langsung di halaman maupun dalam pot. Warna bunga yang dihasilkan tanaman hias ini, termasuk merah, mampu memikat mata yang memandangnya.

Perawatannya juga tak sulit kok. Cukup disiram sehari sekali saja.

Penting untuk diperhatikan nih. Penyiramannya sebaiknya jangan berlebihan hingga air terlalu menggenangi pot supaya tanaman hias ini tak mudah mati.

4. Geranium


Geranium (foto: Tokopedia)

Keindahan tanaman hias bunga geranium begitu memanjakan mata. Bunga geranium bermekaran dengan warna putih, ungu, hingga biru.

Tak perlu sulit merawat jenis tanaman hias bunga yang satu ini. Kalau mau dijadikan tanaman hias bunga indoor, Kamu cukup meletakkannya di dalam pot, lalu pajang di dekat jendela supaya mendapat banyak cahaya.

Siram secara rutin untuk mempercepat pertumbuhan. Namun jangan disiram berlebihan sampai airnya menggenang.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias ini Konan Dapat Membawa Keberuntungan di Tahun Baru

5. Kamboja


Kamboja (foto: Pixabay/manfred richter)

Bunga plumeria atau kamboja berwarna putih hingga krem, dengan semburat kuning di tengahnya. Tanaman hias bunga ini terlihat menawan di taman mana pun.

Pada malam dan dini hari, tanaman hias bunga ini mengeluarkan harum yang manis. Selain itu, bunga yang beraroma manis ini dapat berbunga berulang kali selama musim panas dan hujan.

Tanaman hias kamboja ternyata banyak manfaatnya lho. Dilansir Kay Pedals, di Taiwan, Jepang, dan China, kamboja kerap diolah menjadi parfum, teh, dan dimanfaatkan untuk pengusir nyamuk. Kamboja memang sebenarnya termasuk ke dalam jenis bunga yang bisa dimakan seperti halnya bunga turi dan bunga pepaya.

Kalau bunganya dikeringkan dapat bermanfaat menurunkan suhu tubuh, mengobati radang gusi atau tenggorokan, bibir pecah-pecah, dan penambah nafsu makan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30