5 Jenis Ikan Mas, Sudah Pernah Lihat?

5 Jenis Ikan Mas, Sudah Pernah Lihat?

Ekel Suranta Sembiring
2020-12-19 18:33:19
5 Jenis Ikan Mas, Sudah Pernah Lihat?
Ikan Mas Punten (foto: tukarcerita)

Ikan mas atau Ikan karper adalah ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. 

Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Berikut akan kita ulas beberapa jenis ikan mas yang dapat Anda pelihara:

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 5 Jenis Ikan Kerapu Beserta Harganya

1. Ikan Mas Taiwan


Ikan Mas Taiwan (foto: dictio)

Jenis ikan mas satu ini memiliki keunikan tersendiri. Diantaranya memiliki warna sisik hijau kekuningan pada sebagian besar tubuhnya, namun pada area tepi dubur hingga bawah sirip ekornya berwarna kuning kemerahan. 

Selain itu ikan yang berbentuk memanjang ini memiliki bentuk punggung seperti busur yang cukup membulat. Banyak yang beranggapan bahwa asal muasal ikan mas ini berasal dari Taiwan, kemudian diperkenalkan dan dikembang biakkan di Indonesia.

Mengenai masalah makanan, ikan mas Taiwan cukup agresif dan responsif terhadap makanan. Tak heran jika sekumpulan ikan mas Taiwan akan saling berebut ketika diberi pakan.

2. Ikan Mas Kaca


Ikan Mas Kaca (foto: bacaterus)

Ada yang cukup unik dari ikan mas satu ini, yakni hampir sebagian tubuhnya tidak tertutupi oleh sisik. Jika Anda cermati bagian yang tertutupi dengan sisik nampak bening layaknya kaca. Pada bagian sepanjang gurat sisi (line literalis) serta di sekitar area pangkal siripnya memiliki sisik yang berwarna putih. Sisik putih tersebut terlihat mengkilap, berukuran besar dan tidak seragam dengan yang lainnya.

Baca Juga: Daftar Harga Ikan Oscar, Ada Mencapai Ratusan Ribu

3. Ikan Mas Yamato


Ikan Mas Yamato (foto: bacaterus)

Meski dapat dibilang kurang populer di negeri ini, namun ikan mas yamato sering ditemukan di beberapa negara di Asia Timur, seperti Cina ataupun Jepang. Memiliki ciri khas bentuk tubuh yang memanjang, serta memiliki sisik berwarna hijau kecoklatan.

4. Ikan Mas Punten


Ikan Mas Punten (foto: tukarcerita)

Tak jauh berbeda dengan Namanya, ikan mas punten merupakan jenis ikan mas atau karper yang dikembangbiakkan di daerah Punten, Malang, Jawa Timur. Memiliki ciri – ciri unik diantaranya tubuh yang pendek, bagian punggung yang tinggi dan lebar sehingga ikan mas punten terkesan membuntal serta bulat.

Memiliki perbandingan antara panjang total dengan tinggi badan yakni 2,3 – 3,4 : 1. Sisik yang berwarna hijau gelap serta mata yang tampak menonjol. Namun ikan mas jenis ini memiliki sifat yang lebih jinak serta pergerakan tubuh yang lambat. 

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Louhan Beserta Harganya

5. Ikan Mas Merah


Ikan Mas Merah (foto: ndkbluefin)

Ikan mas satu ini memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya sisiknya yang memiliki warna merah keemasan. Memiliki bentuk badan yang relatif memanjang, posisi punggung yang relatif lebih rendah serta tidak lancip. Memiliki bentuk mata yang menonjol. Selain itu ikan mas merah dikenal lebih bergerak aktif dibandingkan jenis lain. Dan kesukaannya ialah mengaduk – aduk dasar kolam.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30