Sudah Tahu? Ini 5 Jenis Ikan Kerapu Beserta Harganya

Sudah Tahu? Ini 5 Jenis Ikan Kerapu Beserta Harganya

Ekel Suranta Sembiring
2020-12-19 16:02:30
Sudah Tahu? Ini 5 Jenis Ikan Kerapu Beserta Harganya
Kerapu Tikus/Bebek (foto: Jitunews)

Ikan kerapu merupakan jenis ikan yang hidup di perairan terumbu karang, yang dalam dunia internasional dikenal dengan nama grouper atau coral reef fish.

Ikan ini menjadi ikan yang cukup bernilai ekonomi yang tinggi. Ikan bernilai ekonomi tinggi ini memang sudah tidak asing lagi dimasyarakat terutama nelayan. Harga jualnya yang cukup tinggi menjadi salah satu incaran oleh para nelayan.

Di bawah ini adalah daftar jenis-jenis Ikan Kerapu beserta harganya:

Baca Juga: Daftar Harga Ikan Oscar, Ada Mencapai Ratusan Ribu

1. Kerapu Tikus/Bebek


Kerapu Tikus/Bebek (foto: Jitunews)

Namanya memang adalah Kerapu Tikus. Namun terkadang ada orang yang juga menyebutnya sebagai ikan kerapu bebek. Ini adalah salah satu dari jenis ikan kerapu yang merupakan ras asli. Habitatnya di laguna dan perairan berkarang besar. Ikan ini memiliki corak totol-totol hitam. Selain untuk konsumsi, Kerapu Bebek juga biasanya dipelihara dalam aquarium. 

Nama spesiesnya adalah Chromileptes altivelis. Harganya bisa tembus Rp4000.000 untuk yang unggulan grade 1 dan ini harga di negara Hongkong atau Taiwan sana.

2. Kerapu Batik


Kerapu Batik (foto: sukaikan)

Ikan Kerapu Batik adalah jenis ikan Kerapu yang hidup di kawasan laguna pantai. Bentuk ikan ini sedikit menyeramkan karena seperti penuh dengan corak koreng. Wajahnya galak seperti bergigi tajam. Bola matanya besar menonjol warna biru. 

Ikan ini mulai terancam punah karena rusaknya habitat. Nama spesiesnya adalah Epinephelus polyphekadion. Harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan per ekornya. Kisaran Rp100.000- Rp1000.000 karena semakin langkanya.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Louhan Beserta Harganya

3. Kerapu Lumpur


Kerapu Lumpur (foto: dictio)

Epinephelus tauvina menjadi nama spesies dari jenis ikan kerapu ini. Disebut Kerapu Lumpur karena hobinya berenang di dasar pasir laut. Ikan ini bisa hidup hingga kedalaman 100 meter. 

Tapi mulai kedalaman 50 meter di bawah permukaan air laut pun sudah bisa dijumpai. Harganya rata-rata, Rp200.000 -Rp300.000/kg.

4. Kerapu Giant Grouper


Kerapu Giant Grouper (foto: lak-ai.blogspot.com)

Ini adalah jenis ikan kerapu yang dipanggil ikan monster. Tubuhnya bisa besar sekali, bagaikan ikan paus saja. Nama ilmiahnya adalah Epinephelus lanceolatu. Ikan ini pertama kali dijumpai di perairan Australia. Namun di Indonesia juga kadang ada orang mancing yang dapat ikan ini. 

Seperti pernah terjadi di Sambas, seorang nelayan berhasil menjaring Kerapu Giant Grouper berbobot tubuh 150 kg. Harga jual ikan ini tentu saja mencapai jutaan rupiah karena saking besarnya.

Baca Juga: Wow, Ini 4 Jenis Iguana Beserta Harganya, Mencapai Jutaan Rupiah

5. Kerapu Cantik


Kerapu Cantik (foto: teropongbisnis)

Kerapu Cantik adalah varietas persilangan antara jenis ikan kerapu Macan dengan Kerapu Batik. Ikan ini menjadi komoditas budidaya yang sangat menguntungkan. Karena cepat masa panen, besar dan tinggi tingkat permintaannya. Kerapu Cantik harganya Rp100.000 – Rp200.000/kg.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30