Vaksin Covid-19 Sputnik V Buatan Rusia, Daftarkan ke BPOM RI

Vaksin Covid-19 Sputnik V Buatan Rusia, Daftarkan ke BPOM RI

Yuli Nopiyanti
2020-12-16 14:40:40
Vaksin Covid-19 Sputnik V Buatan Rusia, Daftarkan ke BPOM RI
Ilustrasi Vaksin Covid-19

Pemerintah Rusia menyebut telah mendaftarkan vaksin corona atau covid-19 Sputnik V ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI (BPOM).

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa Rusia siap bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam aspek ini (pengadaan vaksin). Vaksin Sputnik V saat ini sedang dalam proses registrasi di BPOM Indonesia dan Badan Kesehatan Dunia (WHO)," ujar Lyudmila Vorobieva.

Baca Juga: Sempat Dibagi Jadi Vaksin Gratis dan Mandiri, Kini Jokowi Gratiskan Vaksin Corona

Disisi lain ia juga mengatakan bahwa vaksin Sputnik V saat ini tengah menyelasaikan uji klinis tahap ketiga.  Bahkan presiden Vladiri Putin juga berharap, agar vaksin Sputnik V dapay digunakan negara mitra Rusia untuk menangani Covid-19, termasuk di Inonesia.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa Rusia siap untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia," ujar Dubes Vorobieva.

Beberapa waktu lalu pusat penelitian Gamaleya, dan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) mengatakan vaksin Sputnik V memiliki kemanjuran 95 persen melawan infeksi Corona.

Baca Juga: Jokowi Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di RI, Pastikan Vaksin Aman

Pada April 2020 lalu, Presiden Joko Widodo melakukan percakapan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas soal peningkatan kerja sama dalam menangani pandemi virus Corona

Vaksin Sputnik V sendiri telah didaftarkan di beberapa negara seperti Brazil, India, dan Belarus. Rusia dikabarkan juga telah menyiapkan fasilitas produksi vaksin itu sebesar 500 juta dosis per tahun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30