Bikin Aquarium Tambah Cantik, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Aquascape yang Mudah Dirawat

Bikin Aquarium Tambah Cantik, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Aquascape yang Mudah Dirawat

Ekel Suranta Sembiring
2020-12-12 14:59:30
Bikin Aquarium Tambah Cantik, Ini 5 Rekomendasi Tanaman Aquascape yang Mudah Dirawat
Java Moss (foto: Pinterest)

Aquascape merupakan seni mengatur tanaman air, batu, karang, dan sejenisnya. Melihat ikan-ikan di balik tanaman tentunya adalah pemandangan yang tidak ingin kamu lewatkan. 

Jika kamu tertarik untuk menekuni hobi yang satu ini, ada beberapa jenis tanaman aquascape yang perawatannya bisa dibilang cukup mudah. Berikut 5 tanaman aquascape yang mudah untuk dirawat:

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 5 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah

1. Giant Hairgrass


Giant Hairgrass (foto: Pinterest)

Tanaman aquascape yang satu ini sangat direkomendasikan bagi para pegiat aquascaping karena mudah perawatannya dan tak memerlukan biaya yang mahal.

Karena memiliki bentuk yang panjang dan menjuntai, tanaman ini cocok digunakan untuk menutupi pipa, pemanas, dan perangkat di dalam akuarium.

2. Windelov


Windelov (foto: Pinterest)

Jenis tanaman yang satu ini juga sangat direkomendasikan bagi para pecinta aquascape. Hal ini dikarenakan keunikan pada bentuknya dan ujungnya yang  bercabang. Tak heran, tanaman yang satu ini menjadi tanaman aquascape yang banyak diminati di dunia.

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki tanaman windelov adalah perawatannya yang mudah, dan cocok bagi para pemula yang baru saja memulai hobi ini.

Baca Juga: 5 Alocasia ini Menjadi Incaran Para Pencinta Tanaman Hias

3. Bucephalandra Black Phantom


Bucephalandra Black Phantom (foto: berkahaquascape)

Diperkirakan tanaman aquascape bucephalandra black phantom berasal dari Kalimantan, Indonesia. Tanaman dari genus Bucephalandra yang satu ini biasa dikenal dengan nama Bucephalandra Brownie Phantom.

Area penanamannya lebih tepat di bagian depan akuarium. Untuk pertumbuhannya, Bucephalandra Black Phantom tidak memerlukan cahaya serta karbondioksida tinggi, sehingga cocok bagi pemula karena tak memerlukan perawatan yang sulit.

4. Java Fern


Java Fern (foto: liveaquaria)

Tanaman java fern sangat populer di kalangan penggiat aquascaping karena mudah dalam perawatan dan memiliki keindahan sebagai tanaman background.

Tanaman ini dapat hidup baik di suhu air 20-28 derajat celcius dengan pencahayaan sedikit atau menengah. Java fern juga dapat dengan mudah ditemukan pada penjual yang menyediakan tanaman aquascape.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias ini Punya Bentuk Aneh, Sudah Pernah Lihat?

5. Java Moss


Java Moss (foto: Pinterest)

Jenis tanaman yang satu ini berasal dari kawasan Asia tenggara, Java moss juga digemari para pegiat aquascape lantaran mudah dalam hal perawatannya, karena tidak membutuhkan banyak karbondioksida dan intensitas cahaya yang tinggi.

Tanaman ini memerlukan kondisi air dengan suhu 21-32 derajat celcius. Untuk dapat tumbuh dengan baik, berada di suhu 21-24 derajat celcius. Java moss berfungsi untuk menutupi bagian bawah akuarium, melindungi ikan-ikan kecil, dan sebagai sumber makanan kedua bagi ikan kecil.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30