5 Jenis Kaktus Mini, Cocok untuk Koleksi Tanaman Hias Kamu

5 Jenis Kaktus Mini, Cocok untuk Koleksi Tanaman Hias Kamu

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-28 17:23:35
5 Jenis Kaktus Mini, Cocok untuk Koleksi Tanaman Hias Kamu
Kaktus Gymno (foto: Bukalapak)

Tanaman kaktus mini mulai banyak disenangi orang. Tanaman ini punya bentuk yang unik dan mudah dirawat. Tanaman kaktus mini atau biasa disebut kaktus hias memang memiliki bentuk yang unik. Walaupun bentuknya mini, kaktus juga bisa berbunga, hingga berwarna-warni. Hal inilah yang menjadi daya tarik kaktus mini.

Sudah Tahu apa saja jenis kaktus mini? Berikut Correcto.id akan mengulas 5 jenis kaktus mini yang cocok sebagai koleksi tanaman hias kamu.

Baca Juga: 5 Tanaman Rambat yang Cocok untuk Hiasi Dinding atau Pagar Rumah Kamu

1. Kaktus Koboi


Kaktus Koboi (foto: Tukangkuli)

Kaktus koboi adalah salah satu jenis kaktus yang paling populer di antara jenis-jenis kaktus hias lainnya. Bentuk awal kaktus koboi mini bisa kamu tempatkan di pot berdiameter 20 cm.

Jika terus tumbuh besar, kamu bisa memindahkannya ke area taman rumah. Untuk memelihara kaktus koboi, pastika kamu menjauhkan penempatannya dari jangkauan anak-anak, ya. Sebab jumlah duri pada kaktus koboi cukup banyak dan sangat tajam.

2. Kaktus Gymno


Kaktus Gymno (foto: Bukalapak)

Kaktus dengan nama ilmiah Gymnocalycium ini terbilang unik karena memiliki warna cantik pada bagian batang dan dapat berbunga jika dirawat dengan baik.

Warna kaktus gymno antara lain jingga, ungu, pink, kuning, dan merah. Cocok sekali diletakkan di area jendela atau meja di rumahmu.

Jenis kaktus gymno grafting atau gymno rubra asal Korea Selatan disebut sebagai yang tercantik karena memiliki bunga yang indah banget.

Baca Juga: 5 Jenis-jenis Tanaman Philodendron yang Memiliki Daun Unik

3. Kaktus Mammillaria


Kaktus Mammillaria (foto: istimewa)

Satu lagi dari jenis-jenis kaktus hias mini yang memiliki ciri khas duri yang sangat banyak, namun warnanya begitu cantik.

Kaktus mammilaria juga bisa menghasilkan bunga yang mekar cukup besar. Enggak heran jika harganya terbilang mahal, mulai dari Rp100.000-an sampai Rp400.000-an per tanaman.

Tipe kaktus mammilaria yang umum dijual di pasaran adalah mammilaria elongate var intertexta, dan mamilaria triple head.

4. Kaktus Noto


Kaktus Noto (foto: tokopedia)

Kaktus noto berbentuk bulat. Sangat lucu untuk dipajang di area luar rumah. Karena memiliki banyak duri halus, kamu harus meletakkannya di tempat yang aman dri jangkauan anak-anak, ya.

Harga kaktus neto bervariasi, tergantung dengan ukurannya. Untuk ukuran super mini, dijual Rp25.000 bahkan sebagian penjual mengobralnya dengan harga mulai Rp10.000 saja. Sedangkan yang termahal yakni yang berukuran besar seharga Rp175.000.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Dicangkok, Kamu Sudah Pernah Coba?

5. Kaktus Centong


Kaktus Centong (foto: 

Disebut kaktus centong karena bentuknya yang lebar menyerupai centong nasi yang biasa kita gunakan di rumah. Kaktus centong cocok diletakkan di area teras rumah atau area taman. Ukuran mini bisa ditanam di pot dengan diameter sekitar 20 cm sampai 30 cm.

Di luar negeri, kaktus centong juga dibudidayakan dan diambil buahnya untuk dikonsumsi. unik banget, kan?


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30