Prediksi Terbaru Soal Kapan Pandemi Corona Berakhir

Prediksi Terbaru Soal Kapan Pandemi Corona Berakhir

Ahmad
2020-11-26 11:15:33
Prediksi Terbaru Soal Kapan Pandemi Corona Berakhir
Foto: Twitter

Prediksi soal kapan pandemi corona sampai saat ini masih terjadi dan belum menunjukan tanda akan berakhir.  Sekedar informasi, pandemi yang berasal dari virus corona yang berawal dari Wuhan, China pada akhir 2019 lalu.

Meskipun sudah ada beberapa kandidat vaksin sudah muncul ke permukaan dan menunjukan hasil yang memuaskan, tapi belum ada yang mengklaim pandemi corona ini akan berakhir kapan.

Sebuah analisis yang dilakukan oleh Citi Research mengungkap herd immunity kemungkinan belum terbentuk sampai akhir 2021. Kekebalan kelompok terjadi ketika cukup bayak orang dalam satu populasi mengembangkan perlindungan terhadap penyakit dan cara terbaik mendapatkannya adalah dengan vaksinasi.

Sekedar informasi, saat ini kandidat vaksin COVID-19 yang menunjukkan hasil yang memuaskan antara lain AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna. Citi Research juga memprediksi kandidat vaksin tersebut akan mendapatkan izin penggunaan darurat pada Desember 2020 atau Januari 2021 dan dapat didistribusikan.

Dalam analisa tersebut, negara maju secara kolektif telah mengamankan 80 persen vaksin COVID-19 yang sedang dikembangkan. Negara-negara seperti AS, Inggris, Jepang, Kanada, Australia, dan Uni Eropa bahkan telah memesan jumlah dosis vaksin yang melebihi populasi mereka.

Baca Juga: Cara Paling Cepat Pesan Vaksin Corona Secara Mandiri dari Bio Farma

Negara-negara maju dapat memulai distribusi vaksin yang lebih luas pada kuartal kedua atau ketiga tahun depan, dan membentuk kekebalan kawanan pada tiga bulan terakhir tahun 2021, jelas mereka.

Sebaliknya, negara-negara berkembang dan miskin kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Negara miskin bahkan harus bergantung pada program penyedia vaksin COVAX dari PBB.

Di negara miskin, Citi Research menyebut ada ketidakpastian kapan herd immunity akan tercapai.

Sebelumnya, PT Bio Farma (Persero) memberikan cara paling cepat untuk memesan vaksin corona secara mandiri. Bio Farma sendiri, telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai distributor vaksin corona mandiri atau berbayar ke masyarakat.

Chief Digital Healthcare Office Bio Farma Soleh Ayubi membeberkan cara untuk memesan vaksin corona tersebut.

Baca Juga: Jelang Vaksinasi Corona, Pemerintah Siapkan Sistem Satu Data

Kemudian, pemerintah melalui Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sistem satu data jelang vaksinasi corona.

Sistem satu data vaksinasi corona menjelang pelaksanaan program vaksinasi sebagai upaya menangani pandemi di Indonesia.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24