Sudah Pernah Coba? Ini 5 Jenis Buah yang Unik dan Sudah Jarang Ditemui
Foto
Jeruk Jari Budha (foto: whiteonricecouple)

Sudah Pernah Coba? Ini 5 Jenis Buah yang Unik dan Sudah Jarang Ditemui

Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin (Vit A, B, B1, B6, C), mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai anti oksidan.

Namun tahukah Anda? Ternyata buah-buahan juga ada yang berbentuk unik lho. Tetapi ternyata buah-buahan tersebut sudah jarang ditemui. Apa sajakah buah tersebut? Berikut 5 buah unik dan langka:

Baca Juga: 5 Buah di Dunia Punya Bentuk Aneh, Unik Banget!

1. Nanas Medusa


Nanas Medusa (foto: samudrabibit)

Namanya cukup seram ya? Nah nama dari nanas ini memang diambil dari sesosok makhluk mitologi daru Yunani yang berwujud wanita cantik namun berambut ular, yakni medusa. Meskipun sedikit menyeramkan, namun nanas medusa tidak seseram itu kok. Bahkan nanas ini cenderung memiliki bentuk yang unik dan cantik.

Seperti nanas pada umumnya, buah nanas jenis ini juga memiliki buah utama yang berbentuk bulat lonjong. Tapi pada permukaan buah utamanya kembali menghasilkan buah nanas yang berukuran mini dan berbentuk memanjang. 

2. Mangga Ungu


Mangga Ungu (foto: jualbibittanamanmurah)

Buah mangga biasanya memiliki kulit yang berwarna hijau atau kuning. Tapi pernahkah Anda melihat buah mangga yang dengan warna kulit berbeda? Namanya adalah mangga irwin atau sering disebut dengan mangga ungu. Seperti namanya, mangga ini memiliki buah dengan kulit yang terlihat sangat cantik dan eksotis, yakni berwarna ungu.

Berat satu buahnya bisa mencapai sekitar 0,7 kg. Di Indonesia belum banyak yang memiliki mangga ini sehingga wajar saja jika mangga ini bisa dibilang masih cukup langka.

Baca Juga: Bikin Gemes! Ini 5 Jenis Kelinci yang Lucu di Dunia, Jadi Pengen Memeliharanya

3. Jambu Air Nasi-nasi


Jambu Air Nasi-nasi (foto: Shoope)

Jika diperhatikan, tanaman jambu air nasi-nasi memiliki penampilan yang sangat eksotis apalagi jika sudah berbuah. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk meminang tanaman jambu yang banyak ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan ini. 

Selain dapat dijadikan tanaman hias, buah jambu yang satu ini juga bisa dikonsumsi. Sama seperti buah jambu air pada umumnya, jambu air nasi-nasi juga memiliki kandungan air yang melimpah.

4. Jeruk Jari Budha


Jeruk Jari Budha (foto: whiteonricecouple)

Jeruk jari budha ini berasal dari negeri tirai bambu, China. Jeruk ini memiliki karakteristik yang sangat unik dan cukup menarik perhatian. Meskipun kurang terkenal di Indonesia, namun di negara asalnya jeruk ini mampu menjadi primadona karena keunikannya. 

Jika diperhatikan, jeruk jari budha memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dengan buah jeruk pada umumnya. Seperti nama yang disandangnya, jeruk jari budha ini memiliki buah yang berbentuk memanjang seperti jari-jari tangan.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Air yang bisa Menghiasi Kolam Rumah, Kamu Suka yang Mana?

5. Sawo Mentimun


Sawo Mentimun (foto: samudrabibit

Sawo mentimun memiliki bentuk yang unik, yakni oval memanjang dan terlihat seperti mentimun. Hal ini tentunya berbeda 180 derajat jika dibandingkan dengan buah sawo biasa yang hanya berbentuk bulat.

Sawo mentimun juga memiliki ukuran yang cukup besar dengan daging buah yang tebal sehingga lebih memuaskan saat disantap.



Tag :

BuahBuah UnikBuah LangkaVitaminMineral

Artikel Terkait :

  • Tanggapan Wagub DKI Jakarta Terkait Penangkapan Edhy Prabowo

  • Arti Sebenarnya Mimpi Menendang Kucing Menurut Islam

  • Fakta Emak-emak Ngamuk saat Ditilang, Maki Petugas hingga Ucap Takbir

  • Emak-emak Berhijab Pink Ucap Takbir saat Ditilang Polantas


  • Share to: