5 Hewan di Dunia Terancam Punah dan Kini Sudah Kembali Pulih

5 Hewan di Dunia Terancam Punah dan Kini Sudah Kembali Pulih

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-17 20:26:39
5 Hewan di Dunia Terancam Punah dan Kini Sudah Kembali Pulih
Manate (foto: Pinterest)

Beberapa hewan di dunia terancam punah akibat penggundulan hutan, perubahan iklim, dan perburuan liar.

Tapi, berkat dilarangnya perburuan terhadap hewan yang dilindungi dan kerja keras para konservasionis, beberapa hewan yang mulanya terancam punah bisa pulih kembali jumlahnya.

Berikut 5 jenis hewan terancam punah dan kini sudah kembali pulih!

Baca Juga: 5 Penemuan Sains ini Sangat Berpengaruh di Dunia, Salah Satunya Olimpiade

1. Kura-kura raksasa Española Galapagos


Kura-kura raksasa Española Galapagos (foto: Kumparan)

Kura-kura raksasa Española Galapagos dapat kembali lagi ke pulau asalnya Española kembali setelah upaya konservasi untuk memperkenalkan mereka kembali ke habitat aslinya terbukti berhasil pada tahun 2014. Mulanya, pada tahun 1960-an, hanya tersisa 15 ekor raksasa lembut ini akibat adanya perburuan berlebihan dan perpindahan oleh spesies invasif yang berdampak pada populasi kura-kura ini.

Akibatnya menurut laman Galapagos Conservacy, para ilmuwan kemudian memutuskan untuk menangkap kura-kura yang tersisa guna melindungi mereka dan membiakkannya di penangkaran. Kemudian, pada tahun 1975, ilmuwan melepaskan keturunan pertama kembali ke pulau Española. Para peneliti melaporkan bahwa mereka sekarang berhasil berkembang biak sendiri.

2. Manate


Manate (foto: Pinterest)

Pada tahun 70-an, manate atau lembu laut pernah masuk dalam spesies yang terancam punah, dan populasi mereka di Florida hanya mencapai ratusan. Kemudian, pada pada tahun 2017, ada lebih dari 6.000 manate liar di perairan Floridian, menurut laman USA Today.

Akan tetapi, hal ini justru membuat banyak orang khawatir jika pemerintah berhenti melindungi manate. Manate sendiri adalah mamalia laut bertubuh besar yang ramah dan bergerak lamban. Dulunya mereka sering ditangkap untuk diambil bagian tubuhnya dan sering mati karena tertabrak perahu motor.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias Gantung Cocok untuk Menghias Rumah dan Membuat Suasana Sejuk

3. Aligator Amerika


Aligator Amerika (foto: Liputan6)

Tingginya tingkat perburuan dan hilangnya habitat membuat orang-orang zaman dulu menganggap bahwa populasi aligator Amerika tidak mungkin pulih. Hewan dianggap terancam punah bahkan sebelum Endangered Species Act ditetapkan menjadi undang-undang.

Tetapi setelah bertahun-tahun upaya perlindungan dan konservasi, aligator Amerika dihapus dari daftar hewan terancam punah pada tahun 1987. Bahkan, saat ini populasi aligator Amerika telah pulih secara menyeluruh sehingga perburuan sudah kembali diizinkan.

4. Panda


Panda (foto: The Conversation)

Status panda diturunkan dari terancam punah menjadi rentan pada tahun 2016, setelah melalui upaya terkonsentrasi untuk melestarikan habitat mereka selama bertahun-tahun. Sekarang ada 67 habitat di China yang didedikasikan untuk menyediakan tempat tinggal yang aman bagi panda.

Menurut Worldwide Wildlife Fund (WWF), pemulihan panda menunjukkan bahwa ketika sains, tujuan politik, dan keterlibatan komunitas lokal bersatu, ini dapat menyelamatkan satwa liar dan juga meningkatkan keanekaragaman hayati.

Baca Juga: 5 Masjid Punya Konsep Arsitektur Unik di Indonesia, Cocok jadi Tujuan Wisata Religi!

5. Paus Bungkuk


Paus Bungkuk (foto: IDN Times)

Pada tahun 1970, pemerintah AS mendaftarkan semua paus bungkuk sebagai hewan terancam punah akibat adanya kegiatan perburuan paus komersial yang mengakibatkan berkurangnya jumlah paus bungkuk secara drastis.

Kemudian, setelah tinjauan ilmiah terhadap 14 populasi paus bungkuk yang ditentukan secara geografis, National Ocean and Atmospheric Administration (NOAA) pada tahun 2016, mempublikasikan bahwa sembilan dari populasi paus bungkuk telah pulih dengan sangat baik sehingga tidak lagi memerlukan perlindungan di bawah US Endangered Species Act.

Sumber: IDN Times


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24