Fakta-fakta Ki Seno Nughroho Semasa Hidupnya Hingga Akhir Hayatnya

Fakta-fakta Ki Seno Nughroho Semasa Hidupnya Hingga Akhir Hayatnya

Dedi Sutiadi
2020-11-04 14:49:40
Fakta-fakta Ki Seno Nughroho Semasa Hidupnya Hingga Akhir Hayatnya
Ki Seno Nughroho

Fakta-fakta Ki Seno Nughroho semasa hidupnya hingga akhir hayatnya terungkap. Ternyata sebelum meninggal, Ki Seno Nughroho sempat menulis status WA yang dianggap sebagai pertanda akhir hayatnya.  

Berikut correcto.id himpun untuk Anda fakta -fakta Ki Seno Nughroho semasa hidupnya hingga akhir hayatnya. 

1. Keturunan dari seniman wayang kulit terkenal

Ternyata Ki Seno Nughroho, seniman dan dalang wayang kulit terkenal di Indonesia ini merupakan keturunan dari seniman wayang kulit Yogyakarta yang terkenal. Ki Seno Nughroho merupakan ana dari Ki Suparman Cermowijayato.

Baca juga: Ki Seno Nugroho, Dalang yang Sukses Membuat Milenial Mencintai Wayang kulit

2. Terkenal dengan guyonan saat tampil

Ki Seno Nughroho merupakan dalang wayang kulit yang hits dan dikenal di kalangan anak muda. Ki Seno Nughroho terkenal sebagai sosok dalang yang kerap tampil khas dengan panakawan (Semar, gareng, Bagong, Petruk) dengan guyonan yang spontan, aktual, dan pastinya lucu. Tidak hanya itu dirinya kerap mengajak generasi muda untuk mencintai seni wayang kulit.   

3. Tampil di luar negeri

Ki Seno Nughroho tidak hanya terkenal dan hits di Indonesia. Ki Seno Nughroho juga ternyata kerap diundang ke luar negeri sebagai dalam untuk pertunjukan wayang kulit. Beberapa negara yang pernah dikunjungi nya dan tampil disana adalah Belanda, Belgia, juga Argentina. 

4. Mengenal seni wayang kulit sejak kecil

Ki Seno Nughroho ternyata sudah berkenalan dengan seni wayang kulit sejak kecil, berusia 10 tahun. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari sosok sang ayah yang merupakan seniman wayang kulit terkenal pada masanya. Saat belajar menjadi dalang Ki Seno Nughroho memiliki idola, dia adalah Ki Manteb Soedharsono.   

5. Memilki kelompok Karawitan

Sepanjang perjalanan karirnya Ki Seno Nughroho juga senang bersosialisasi dengan masyarakat. Selain itu dirinya juga memiliki kelompok karawitan yang beranggotakan hingga 50 orang.  

Baca juga: Perpaduan Gagrak Surakarta dan Gagrak Yogyakarta Membuat Ki Seno Nugroho Jadi Dalang Profesional

6. Pesan terakhir Ki Seno Nughroho 

Seperti diketahui Ki Seno Nughroho telah meninggal dunia dan menjadi kehilangan terdalam untuk keluarga besar dan juga seniman wayang kulit di Indonesia. Namun, siapa yang menyangka ternyata Ki Seno Nughroho sempat menuliskan pesan terkahirnya sebelum wafat pada Selasa 3 November 2020. pada pukul 01.33 WIB Ki Seno Nughroho sempat menulis pesan lewat status WA yang bertuliskan "1 2 3 merem". Pesan ini dianggap sebagai pertanda akan kepergiannya untuk selama-lamanya. 

Persatuan Pedalang Indonesia, Ki Edi Suwondo  menjelaskan bahwa Ki Seno Nughroho akan dimakamkan di rumah duka Dusun Gayam Argosari Sedayu Bantul pada Rabu siang 4 November 2020 pukul 13.00 WIB. Ki Seno Nughroho dimakamkan di Makam Semaki Gede Yogyakarta.




Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30