5 Jenis Kucing Unik di Dunia, Lucu dan Cocok Dipelihara

5 Jenis Kucing Unik di Dunia, Lucu dan Cocok Dipelihara

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-03 23:38:34
5 Jenis Kucing Unik di Dunia, Lucu dan Cocok Dipelihara
Kucing Pallas (foto: mur.tv)

Pastinya kita semua sudah mengenal kucing dan tahu banyak jenis-jenis kucing yang pernah kita lihat. Tetapi, ada juga beberapa kucing unik dan lucu tentunya cocok untuk dipelihara.

Apakah sudah tahu jenis-jenis kucing unik dan belum pernah Anda lihat? Berikut merupakan berbagai jenis kucing unik di dunia:

1. Kucing Cornish Rex


Kucing Cornish Rex (foto: gerava)

Kucing Cornish Rex merupakan kucing yang sangat percaya diri dan kerap mengikuti pemiliknya. Kucing yang memiliki jari-jari kaki yang Panjang ini juga mudah digunakan untuk membuka lemari dan melompat ke tempat yang tinggi. Ia memiliki telinga yang Panjang dan bulu keriting yang pendek.

Kucing Cornish Rex yang aktif juga menyukai mengambil barang yang telah anda lemparkan seperti yang biasa dilakukan pada anjing. Kucing ini amat aktif sehingga ia tidak segan akan mengajak anda bercakap-cakap dengan suaranya yang manis ataupun keras. Kucing ini menyukai interaksi dan permainan bersama pemiliknya.

Baca Juga: 5 Burung di Dunia Dapat Meniru Suara di Sekitarnya, Salah Satunya Kesturi Kepala Hitam

2. Kucing Scottish Fold


Kucing Scottish Fold (foto: hewany)

Awalnya, kucing Scottish Fold disebut dengan 'lops' setelah lop-eared rabbits, tetapi pada tahun 1966 mereka diberi nama Scottish Folds sehubungan dengan asal mereka dan telinga terlipat mereka yang khas.

Anak kucing Scottish Fold sebenarnya tidak dilahirkan dengan telinga terlipat, memiliki telinga yang lurus saat lahir. Telinga anak-anak kucing yang membawa gen telinga terlipat mulai terlipat pada usia 3-4 minggu.

Kucing Scottish Fold tidak terlalu banyak bicara dan memiliki meow yang rendah dan hanya berbicara sesuai kebutuhan kepada manusia. Mereka juga terbiasa mengunyah tanpa menimbulkan suara. Mereka terbiasa menggunakan komunikasi non-verbal seperti melompat ke pangkuan anda untuk menunjukkan kasih sayangnya.

Baca Juga: 5 Lobster Punya Harga Jual Tinggi di Indonesia, Ada Seharga 1 Juta Per Kilo Lho!

3. Kucing Caracal


Kucing Caracal (foto: kucingimut)

Caracal diambil dari Bahasa Turki, yaitu karakulak yang artinya telinga hitam. Di Iran dan India, kucing Caracal pernah dilatih untuk menangkap burung. Mereka dimasukkan arena yang berisi kawanan merpati, dan siap untuk berburu.

Kucing Caracal juga kerap dikenal sebagai lynx gurun. Namun sebenarnya ia tidak memiliki anggota fisik yang sama dengan famili lynx. Seperti Namanya, kucing Caracal memiliki bagian belakang telinga berwarna hitam dan bagian atasnya terdapat bulu telinga mirip jambul hitam panjang.

Habitat hidup kucing Caracal sendiri yaitu di sabana yang kering dan daerah berhutan di Afrika sub-Sahara, dan lebih memilih habitat yang gersang. Makanan kucing Caracal sendiri yaitu berbagai mamalia seperti hewan pengerat, kijang kecil dan hyraxes. Kucing Caracal ini juga tidak segan membunuh mangsanya yang berukuran lebih besar darinya.

4. Kucing Sphyn


Kucing Sphyn (foto: kucingpedia)

Kucing Sphynx merupakan jenis kucing yang unik karena tidak memiliki bulu seperti kucing pada umumnya. Kucing itu juga memiliki mata bulat besar yang tajam dan telinga yang lebar. Meski sekilas tampak menakutkan, namun apabila anda berhasil memelihara kucing ini anda akan dibuat jatuh cinta olehnya karena sifatnya yang lucu sekaligus nakal.

Namun kucing Sphynx merupakan tipikal kucing yang harus berada di dalam ruangan. Sebab ia sangat sensitive terhadap hawa panas, dingin maupun lembab.

Warna kucing Sphynx pun bermacam-macam, beberapa berwarna hitam, abu-abu gelap, putih dan merah muda. Kucing Sphynx merupakan kucing yang sangat suka diperhatikan, sehingga apabila seseorang ingin memelihara kucing Sphynx ia harus memiliki banyak waktu luang untuk bermain bersamanya.

Baca Juga: 5 Ikan Hias Air Tawar Ini Punya Harga Fantastis, Salah Satunya Polkadot Stingray

5. Kucing Pallas


Kucing Pallas (foto: mur.tv)

Kucing unik yang satu ini memiliki berat berkisar 2,2-4,5 kg. Kucing Pallas memiliki tubuh yang ringkas, berkaki pendek, berbulu sangat tebal dan wajah berjanggut dengan ekspresi seperti Grumpy Cat. Kucing Pallas menghuni pegunungan, padang rumput stepa, dan medan semi-gurun.

Mereka dapat ditemukan di negara Cina barat, Mongolia, India, Pakistan, Tajikistan, Kirgistan, Kazakhstan, dan Rusia. Mereka berada di ketinggian antara 3.000-5.000 m, dan berbagi habitat dengan macan tutul salju. Bulu yang tebal membantu kucing Pallas untuk tetap hangat ketika suhu mencapai minus 50 derajat Celcius.

Kucing Pallas memangsa berbagai hewan pengerat, burung, serangga, reptil dan juga bangkai.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24