5 Lobster Punya Harga Jual Tinggi di Indonesia, Ada Seharga 1 Juta Per Kilo Lho!

5 Lobster Punya Harga Jual Tinggi di Indonesia, Ada Seharga 1 Juta Per Kilo Lho!

Ekel Suranta Sembiring
2020-10-31 13:59:24
5 Lobster Punya Harga Jual Tinggi di Indonesia, Ada Seharga 1 Juta Per Kilo Lho!
Lobster Pasir (foto: lobsteronlineaceh.blogspot)

Lobster adalah hewan laut krustasea yang populer untuk dijadikan makanan, teman-teman. Bahkan, lopster ini dicap sebagai hewan laut termahal di Indonesia.

Indonesia sendiri punya berbagai jenis lobster dengan nilai jual tinggi. Tapi, kira-kira lobster jenis apa saja yang masuk kategori termahal dengan nilai jual tinggi?

1. Lobster Mutiara


Lobster Mutiara (foto: bit.ly/2Fwn1Fw)

Memiliki nama latin Panulirus Ornatus, lobster Mutiara menjadi salah satu lobster paling favorit masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak lobster ini memiliki tekstur daging lembut, hingga membuat siapa saja yang menikmatinya tidak bisa lupa akan kelezatan rasanya.

Di pasaran harga hewan berwarna hijau dengan corak totol putih itu dibandrol dengan harga sekitar Rp 1 juta per kilogram.

Susi Pudjiastuti mengatakan lobster Mutiara dengan berat kira-kira 1,2 sampai 1,4 kilogram dihargai minimal Rp 5 juta per kilogramnya. 

Baca Juga: 5 Ikan Hias Air Tawar Ini Punya Harga Fantastis, Salah Satunya Polkadot Stingray

2. Lobster Bambu


Lobster Bambu (foto: tokopedia)

Bentuk lobster Bambu hampir mirip dengan lobster Mutiara. Namun, yang membedakan satwa laut bernama latin Panulirus Versicolor ini adalah motif garis putih pada keseluruhan kakinya. Di wilayah Jakarta, lobster Bambu dihargai Rp 750.000 per kilogram.

Baca Juga: 6 Hewan Bentuk Aneh dan Lucu di Dunia, Sudah Pernah Lihat?

3. Lobster Pakistan


Lobster Pakistan (foto: tokopedia)

Nama sih berbau negara di Asia Selatan, tapi lobster Pakistan ternyata lobster yang banyak ditemukan di perairan Jawa Timur seperti di Lamongan dan Sumenep.

Punya nama ilmiah Panulirus Polypagus, fauna habitat perairan laut dangkal ini dibandrol kisaran harga Rp 300.000 hingga Rp 700.000 per kilogramnya.  

4. Lobster Pasir


Lobster Pasir (foto: lobsteronlineaceh.blogspot)

Lobster Pasir tak hanya ditemukan di perairan Indonesia saja, tapi banyak ditemukan juga di wilayah Pasifik Selatan. Bernama latin Panulirus Homarus, lobster ini disebut-sebut mempunyai daya tahan hidup yang cukup baik. Sebab, hewan ini menempati daerah dengan karakteristik ombak besar dan berpasir.

Di tangan nelayan, seekor lobster pasir ukuran 1.000 gram dihargai sekitar Rp 700.000 dalam kondisi masih hidup atau segar.

Baca Juga: 5 Hewan Laut Sangat Unik dan Belum Pernah Kamu Lihat

5. Lobster Kipas


Lobster Kipas (foto: bukalapak)

Di laman platform e-commerce Tokopedia, harga fauna pesisir pantai atau lobster Kipas dibandrol dengan harga Rp115.000 per 200 gram.

Walaupun secara estetika tidak memiliki bentuk yang menarik, lobster dengan nama ilmiah Thenus orientalis itu ternyata menjadi salah satu komoditas laut yang menarik dari sudut pandang keekonomian.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30