Kisah Misteri Gunung Latimojong di Sulsel, Konon Dihuni Hantu Poppo, Begini Sosoknya

Kisah Misteri Gunung Latimojong di Sulsel, Konon Dihuni Hantu Poppo, Begini Sosoknya

Ekel Suranta Sembiring
2020-10-11 17:54:49
Kisah Misteri Gunung Latimojong di Sulsel, Konon Dihuni Hantu Poppo, Begini Sosoknya
Gunung Latimojong (foto: Indonesiatrip.id)

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan tepatnya di Dusun Paragusi, Desa Ulusalu, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Gunung ini menyimpan kisah misteri tentang keberadaan hantu Poppo.

Bahkan, menurut cerita yang beredar, hantu Poppo yang mendiami Gunung Latimojong ini seperti kerajaan. Karena hantu Poppo ini memiliki raja dan ratu.

Baca Juga: Kisah Misteri Sungai Cisadap, Dihuni Ikan Mas Besar Misterius Ditangkap Dapat Malapetaka

“Sebelum hantu Poppo keluar mencari mangsa, mereka terlebih dahulu ke Gunung Latimojong meminta izin. Jika ada hantu Poppo keluar tanpa minta izin terlebih dahulu, mereka akan kena musibah. Misalnya, dia dijatuhkan manusia yang jago ilmu ghaib,” ujar tokoh masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Latimojong, Haberullah.

Haberullah menceritakan, hantu poppo adalah sejenis manusia yang terbang pada malam hari. Hantu ini biasa hinggap di pohon atau atap rumah. Sesekali mereka mengeluarkan suara ‘pok..pok..pok’!

Baca Juga: Kisah Mistis Nenek Ipah, Hilang di Hutan Makan Daun dan Ditemani Gadis Baju Merah

“Kalau suaranya keras, itu artinya dia jauh. Tapi kalau suaranya kecil, dia sangat dekat dari tempat kita,” tambah Haberullah.

Ia menambahkan, hantu poppo ini hanya terbang pada malam hari. Mereka suka mencari buah-buahan, ikan, dan hasil kebun. Pada siang hari, mereka tetap terlihat seperti manusia biasa pada umumnya.

Hal senada dikatakan Haddini. Tokoh masyarakat yang pernah menjadi pengikut Kahar Muzakkar itu mengatakan, Gunung Latimojong memiliki cerita mistis yang kuat. Gunung ini merupakan lokasi pelarian Kahar Muzakkar saat diburu TNI.

Baca Juga: Legenda Situ Bagendit di Garut, Objek Wisata Menyimpan Mitos yang Sangat Berbahaya

“Kita dulu sering kesana (Gunung Latimojong) karena diburu tentara. Semua yang tinggal di kampung ini dianggap sebagai pengikut Kahar Muzakkar oleh TNI. Makanya, semuanya lari ke hutan, sembunyi di Gunung Latimojong,” ujarnya.

Ditanya soal hantu poppo, Haddini mengatakan, berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, hantu poppo adalah manusia yang memiliki ilmu terbang. Hantu ini biasanya diwarisi turun temurun. Jika ilmunya belum berpindah ke anak cucunya, maka manusia hantu poppo itu tidak akan meninggal.

“Hantu poppo ini memiliki ciri-ciri mata selalu memerah, suka meludah-ludah, dan sangat giat bekerja pada siang hari,” kata Haddini.

Ia menambahkan, bila manusia hantu poppo sudah mendekati ajalnya, dia akan memanggil anaknya dan menyebut kata ‘pindah’. Jika ada di antara anaknya yang membalas dengan kata ‘sudah pindah’, maka ilmu si hantu poppo itu sudah pindah, sehingga dia bisa meninggal dengan tenang.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24