Wah! Ternyata Ini Efek Makan Sesajen Bagi Tubuh

Wah! Ternyata Ini Efek Makan Sesajen Bagi Tubuh

Alpandi Pinem
2020-10-08 22:36:54
Wah! Ternyata Ini Efek Makan Sesajen Bagi Tubuh
Ilustrasi Sesajen (Istimewa)


Sesajen atau sajen, atau ada juga yang menyebutnya sesaji, adalah sejenis makanan yang dipersembahkan kepada dewa atau arwah nenek moyang atau juga kepada makhluk ghaib penguasa suatu tempat. Sesajen ini biasanya dimunculkan dalam ritual upacara adat di masyarakat yang memiliki kepercayaan tertentu.

Masyarakat yang melakukan ritual seperti itu meyakini, bahwa makanan sesajen yang mereka berikan merupakan bentuk rasa syukur dan ungkapan terima kasih atau bisa juga sebagai sesembahan untuk memohon agar dijauhkan dari bahaya yang biasanya ditujukkan kepada makhluk ghaib penguasa tempat tersebut. Dan masyarakat juga meyakini makanan sesajen tersebut akan dimakan oleh makhluk ghaib tersebut.

Baca Juga : Meski Dikaitkan Ritual Sesajen, Ternyata Kemenyan Ternyata Bagus Untuk Kulit

Namun, baru-baru ini ada sebuah Video yang diposting oleh pemilik channel dede inoen tersebut telah diposting sejak 5 Oktober 2020 dan mendapatkan banyak respon di kalangan netizen menunjukkan seorang pemuda yang berpetualang di hutan dan menemukan sebuah sesajen yang terdiri dari banyak makanan.

Para netizen kebanyakan mendukung kegiatan Dede itu karena memang kehadiran sesajen dinilai menyesatkan. Bahkan Ki Prana Lewu (KPL) juga ikut mengomentari video berdurasi 21 menit 13 detik itu. Menurut KPL, jika dirinya berada di posisi Dede maka semua sesajen tersebut akan ditendang karena bukan sebagai budaya baik.

Baca Juga : Kisah Misteri Melanggar Sumpah Pocong Bisa Jadi Setan, Mitos atau Fakta?

Dalam video tersebut mulanya Dede berniat survival bertahan hidup ala hutan dan mencari makanan hasil alam. Dede juga menyebut akan berburu beberapa binatang untuk menu makan siangnya. Namun ketika sudah berjalan lumayan jauh, dirinya menemukan banyaknya sesajen di bawah pohon yang lumayan besar.

Seketika melihat kondisi makanan yang banyak lengkap dengan minumnya, Dede dan sang kamera man bergegas memakan semua hidangan yang ada tanpa mempertimbangkan apa yang akan terjadi.

Lalu apa sih kira-kira efeknya bagi tubuh jika kita memakan hidangan sesajen pesugihan? Dilansir dari Kumparan.com, menurut Dwi memakan sesajen merupakan kegiatan yang tidak akan berefek apapun selain kenyang dan lagi beruntung Dede ketika memakan sesajen tidak mensugesti dirinya akan kehadiran sosok mahluk gaib.

"Yang namanya makan pasti efeknya kenyang dong, sekalipun sesajen pesugihan yang dimakan gak ada efeknya kecuali si pemakan itu halunya tinggi, mikir kemana-mana, itu kaya di video (Dede) bagus gak mikir hal lain," kata Dwi saat menjawab efek samping memakan sesajen pesugihan.

Baca Juga : Ini 3 Tradisi yang Dipercaya Dapat Mengusir Hantu yang Boleh Kamu Coba

Selain itu, Dwi juga mengatakan jika makanan sesajen pesugihan dimakan manusia hanya akan membuat si mahluk (jin dan sebangsanya) merasa kesal tapi tidak berbahaya selagi manusia itu tidak meyakininya. Jika ragu-ragu, menurut Dwi sebaiknya jangan karena malah akan berakibat fatal.

"Logikanya kalo makanan kita diambil ya kesel dong, tapi inget jangan pernah dipikirin karena kalo dipikirin alias ragu nanti efeknya bisa bahaya biasanya akan ikut mengganggu kehidupan di kemudian hari," tutup Dwi.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30