Meski Dikaitkan Ritual Sesajen, Ternyata Kemenyan Ternyata Bagus Untuk Kulit

Meski Dikaitkan Ritual Sesajen, Ternyata Kemenyan Ternyata Bagus Untuk Kulit

Alpandi Pinem
2020-10-05 23:10:37
Meski Dikaitkan Ritual Sesajen, Ternyata Kemenyan Ternyata Bagus Untuk Kulit
Membakar Kemenyan (Istimewa)


Wangi kemenyan identik dengan sesajen dan suasana seram. Di Indonesia kemenyan digunakan sebagai pelengkap kegiatan spiritual. Jika ditelusuri, ternyata manfaat kemenyan tidak selalu berkaitan dengan hal mistis, bahkan terdapat beberapa manfaat kemenyan yang ternyata berkaitan dengan kesehatan.

Baca Juga : Merinding! Kisah Seram Bekas Pabrik Gula di Kalibagor, Banyumas

Berikut inilah beberapa manfaat kemenyan bagi kesehatan.


1. Kemenyan digunakan dalam industri kosmetik hingga pangan


Sejauh ini, kemenyan digunakan sebagai campuran dupa, sabun, porselen, rokok, bahan baku dalam industri parfum, obat-obatan, kosmetik, dan farmasi. Kandungan utama dalam kemenyan adalah asam sinamat, yang dalam dunia industri kosmetik berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Asam sinamat dalam kemenyan juga digunakan sebagai bahan baku untuk membentuk bahan tambahan pangan. Seperti aspartame, pewarna makanan dan pengawet asam benzoate.

Baca Juga : Ini Beberapa Benda yang Biasa Digunakan untuk Menerawang Seseorang

2. Bisa menyembuhkan luka borok di kulit


Kemenyan rupanya dapat dipakai untuk mengobati gusi bengkak, dan luka herpes di mulut. Dunia farmasi juga menggunakan kemenyan untuk penyakit bronchitis seperti ekspektoran, dan disinfektan pada luka.

Masyarakat ada pula yang memakainya secara langsung ke kulit untuk membunuh kuman, mengurangi pembengkakan, dan menghentikan pendarahan pada luka kecil. Terkadang dioleskan untuk borok kulit, kulit pecah-pecah atau dikombinasikan dengan herbal lainnya yang dikenal sebagai senyawa benzoin tincture.

Dalam dunia kecantikan, minyak kemenyan dipercaya ampuh untuk membantu menghilangkan noda jerawat sekaligus mengecilkan pori-pori. Selain itu juga bisa menyamarkan stretch mark, eksim, dan membantu penyembuhan luka bedah.

Baca Juga : Seram! Ternyata Ini Alasan di Balik Kejadian Kebangun Tengah Malam

3. Meski memiliki banyak fungsi, tetapi perhatikan juga efek sampingnya


Meskipun kemenyan memiliki banyak fungsi , tetapi penggunaannya disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan herbalis atau dokter. Sebab belum ada cukup penelitian mengenai cara kerja tanaman herbal ini. Penelitian masih sebatas kegunaan kemenyan sebagai agen antiseptik untuk kulit sensitif, agen karminatif untuk mencegah atau mengurangi perut kembung, dan ekspektoran untuk merangsang pengeluaran dahak dari saluran pernapasan.

Tak kalah penting, efek samping memakai kemenyan adalah terjadinya ruam, reaksi alergi, hipersensitivitas, dermatis, asma, maag, gastrointestinal, dan anafilaksis.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30