Kisah Misteri Dukuh Girpasang Klaten, Siap-siap Keserupan bila Nekat Bengak-Bengok

Kisah Misteri Dukuh Girpasang Klaten, Siap-siap Keserupan bila Nekat Bengak-Bengok

Ekel Suranta Sembiring
2020-09-28 14:34:33
Kisah Misteri Dukuh Girpasang Klaten, Siap-siap Keserupan bila Nekat Bengak-Bengok
Dukuh Girpasang Klaten (foto: Solopos.com)

Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dikenal angker dan menyimpan kisah misteri. Pasalnya, di lokasi ini dilarang bengak-bengok alias berteriak jika tidak ingin kesurupan.

Ketua RT 007/RW 002 Girpasang, Tegalmulyo bernama Sugino mengatakan, dulu sempat ada seorang wanita yang kesurupan saat berkunjung ke sana.

Baca Juga: Cerita Misteri Gua Anti Jomblo dan Suara Kuntilanak di Geopark Ciletuh

Kalau ke sini yang terpenting niatnya. Hal yang harus diperhatikan jangan sampai bengak-bengok. Harus menjaga sikap. Sekitar tiga tahun lalu itu, ada seorang cewek yang kejang-kejang karena kesurupan," katanya.

Sesepuh di Girpasang, Mbah Patmo, 70, mengatakan daerahnya memiliki aura mistis yang kuat. Jadi pengunjung yang datang ke sana harus menjaga sikap.

Baca Juga: Mitos Dilarang Gelar Pertunjukan Wayang di Kampung Ciamis, ini yang akan Terjadi bila Dilanggar

"Di Girpasang rada wingit. Larangane ten mriki niku mboten kenging bengok-bengok [Di Girpasang agak angker. Larangannya itu tidak boleh teriak-teriak]," katanya.

Diketahui, dukuh ini hanya dihuni 12 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 35 jiwa yang tinggal di 10 rumah. Maklum saja, wilayah ini hanya berjarak empat kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Setiap pengunjung yang ingin masuk ke Dukuh Girpasang harus melewati jurang sedalam 100-an meter. Saat ini, jalan menuju ke sana sudah terdapat ribuan anak tangga.

Keberadaan anak tangga itu biasa disebut 1.001 anak tangga. Anak tangga itu guna memudahkan pengunjung saat menempuh perjalanan sepanjang 2 km menuju Girpasang. Rata-rata, perjalanan tersebut ditempuh setengah jam hingga satu jam.

Di samping ribuan anak tangga, warga mengakali jarak tempuh yang dinilai melelahkan itu. Di Girpasang disediakan gondola khusus pengangkut barang.

Baca Juga: Mitos Situs Ngurawan Madiun, Pejabat yang Berkunjung akan Lengser

Sugino mengatakan Girpasang diproyeksikan menjadi desa wisata di lereng Gunung Merapi. Sejauh ini, wilayah ini juga terus berbenah untuk melengkapi berbagai fasilitas pendukung desa wisata.

"Kami juga lengkapi kawasan Girpasang dengan gazebo hasil bantuan dari Polres Klaten," katannya.

Sumber: Solopos.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30