5 Makanan Penyebab Susah BAB yang Jarang Orang Tahu

5 Makanan Penyebab Susah BAB yang Jarang Orang Tahu

Dedi Sutiadi
2020-09-23 18:19:09
5 Makanan Penyebab Susah BAB yang Jarang Orang Tahu
Ilustrasi sembelit.

Ternyata ada makanan yang menyebabkan penikmatnya menjadi susah buang air besar (BAB) Berikut correco.id himpun untuk Anda 5 makanan Penyebab Susah BAB yang Jarang Orang Tahu.

Baca juga: 5 Makanan yang Sangat Ampuh Turunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut

1. Makanan cepat saji dan gorengan


Gorengan dan makanan cepat saji kerap disebut sebagai makanan tidak sehat. Kedua makanan tersebut juga bisa menjadi sebab penikmatnya jadi sembelit atau susah BAB. Hal tersebut disebabkan tinggi kandungan lemak dan rendahnya serat pada makan tersebut. Hal tersebut membuat gerakan usus menjadi lambat dalam mencerna makanan dan membuat feses sulit dikeluarkan.   

2. Daging merah


Ternyata daging merah juga bisa menjadi salah satu makanan penyebab susah BAB. Daging merah memiliki sedikit serat sehingga memperlambat gerakan usus sehingga feses menjadi sulit dikeluarkan. Selain itu daging merah mengandung lemak cukup tinggi yang butuh waktu lebih lama dicerna oleh tubuh. 

 3. Cokelat


Coklat memang hampir disukai oleh banyak orang, khususnya anak-anak. Namun siapa sangka ternyata cokelat bisa menjadi makanan penyebab sembelit alias susah BAB. Rasa manis pada coklat bersumber dari kandungan gula yang cukup tinggi dan juga juga kandungan lemak untuk beberapa jenis coklat tertentu. Ternyata hal ini bisa membuat usus menjadi lambat bergerak mencerna makanan. Selain itu lemak pada coklat bisa memperlambat kontraksi otot peristaltik sehingga menghambat kelancaran feses melewati usus.  

4. Makanan olahan


Makanan selanjutnya yang bisa menjadi penyebab sembelit atau susah BAB adalah makanan olahan seperti nugget, sosis, daging kornet, keripik kentang, dll. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan tersebut bisa menyebabkan sulit BAB. Hal tersebut disebabkan makanan olahan mengandung tinggi lemak yang dapat memperlambat kerja usus mencerna makanan. 

Baca juga: Nathalie Holscher Mengusap Mata saat Mengucapkan Kalimat Syahadat

5. Olahan produk susu


Makanan terakhir yang juga bisa menyebabkan sulit BAB jika terlalu banyak dikonsumsi adalah makanan dari hasil olahan susu seperti keju, yogurt dan ice cream. Orang yang mengalami sembelit sebab mengonsumsi makan tersebut juga disebabkan karena mengidap intoleransi pada jaktosa. 


Sumber: SehatQ


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30