Kisah Seram Pulung Gantung di Gunung Kidul, Ini Kata Para Pakar dan Peneliti

Kisah Seram Pulung Gantung di Gunung Kidul, Ini Kata Para Pakar dan Peneliti

Alpandi Pinem
2020-09-17 19:14:36
Kisah Seram Pulung Gantung di Gunung Kidul, Ini Kata Para Pakar dan Peneliti
Ilustrasi Bunuh Diri (Istimewa)


Meski zaman telah modern, kepercayaan akan mitos nampaknya masih belum bisa ditinggalkan. Salah satu pulung gantung yakni wujud baru dari sebuah arwah para leluhur yang keberadaannya ditolak oleh akhirat.

Dinamakan gantung, karena rata-rata mereka yang tewas mengakhiri hidupnya dengan cara menggantung diri. Dalam setiap kasus bunuh diri yang terjadi, masyarakat selalu mengaitkannya dengan mitos yang satu ini.

Pulung Gantung ini dipercaya merupakan makhluk gaib yang ada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Pulung Gantung ini dilukiskan sebagai bola api yang berpijar, memiliki buntut, dan berwarna kekuningan.

Baca Juga : Seram! Ini Ilmu Sihir Mengerikan yang Ada di Dunia

Konon kalau si bola api ini terlihat melayang di atas rumah seseorang, maka tak butuh waktu yang lama, penghuni rumah tersebut pasti ada yang meninggal dengan cara gantung diri.

Selama berpuluh tahun warga diresahkan dengan Pulung Gantung. Selama itu pula warga percaya akan ada hal yang tak baik terjadi kalau mereka melihat bola api misterius ini. Lalu, sebenarnya dari mana sih asal bola api ini? Salah seorang peneliti dari Universitas Gadjah Mada pernah mengungkapkan fakta ilmiah, bahwa sebenarnya adalah suatu fenomena alam yang biasa terjadi.

Pijaran tersebut berasal dari perpaduan zat fosfor dan zat kapur yang memang banyak ditemui di sana. Seperti kita ketahui, kabupaten tersebut memang terletak di atas pegunungan kapur, seperti dilansir dari Hipwee.com.

Baca Juga : Kisah Mistis Ramuan Guna-guna Cirik Barandang yang Buat Targetnya Tergila-gila

Selama kurun waktu tahun 2003-2012 lalu, ada puluhan kasus bunuh diri –dengan cara gantung diri—yang terjadi di Gunung Kidul. Ternyata, menurut para akademisi tak ada kaitannya dengan pijaran bola api.

Mereka berpendapat bahwa kematian yang terjadi itu tak lain dan tak bukan karena kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan. Karena, daerah yang kerap terjadi kasus bunuh diri ini belum sepenuhnya maju dan belum 100% tersentuh teknologi. Sehingga, saat mereka merasa susah dan depresi, bunuh diri dinilai sebagai jalan terbaik.

Oleh karena itu, pemerintah melakukan berbagai cara untuk mengurangi populasi mereka yang depresi dan merasa ingin mengakhiri hidupnya. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan sosialisasi langsung ke masyarakat.

Baca Juga : Seram! Ini Beberapa Benda Praktik Ilmu Hitam yang Sering Dipakai Orang Indonesia

Karena hanya dengan memberikan pemahaman seperti inilah mereka akan paham dan mengerti. Semoga saja ke depan tak ada lagi kasus bunuh diri yang dikaitkan dengan Pulung Gantung.

Pulung Gantung ini menjadi mitos yang banyak dipercaya. Bahkan, saat dibuatkan filmnya, sang sineas juga menyentil sedikit kepercayaan yang sudah mendarah daging ini. Semoga ke depan tak ada lagi kejadian menyedihkan yang melibatkan Pulung Gantung sebagai penyebabnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24