Diperdebatkan, Ini Dia Sebenernya Arti dan Makna Anjay

Diperdebatkan, Ini Dia Sebenernya Arti dan Makna Anjay

Yuli Nopiyanti
2020-08-30 21:58:02
Diperdebatkan, Ini Dia Sebenernya Arti dan Makna Anjay
Apa sih arti dan makna kata Anjay?

Media sosial tengah ramai dengan kata anjay hingga trending di twitter. Tapi apakah kalian tau apa sebenarnya arti dan makna kata Anjay ?

Menurut Erisa Bestari S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Lambung Mangkurat mengatakan bahwa 

"Kata anjay sama artinya juga dengan anjir, njir, dan njay, atau anj. Kata tersebut berasal dari kata "anjing" yang pengucapanya di plesetkan agar terdengar lebih baik dan lebih lumrah dari kata sebelumnya. Kata anjir dan sebagainya bisa di sebut saat kesal, marah,tertawa, terkejut dan lain-lain. Umumnya sering sekali disebut oleh anak-anak muda jaman sekarang,"tulisnya.

Bahkan kata-kaja anjay adalah sebuah ungkapan atau kata yang diperhalus. Dari mana asal atau darimana bermulanya kata Anjay ini?

Baca Juga:  Tersebar Surat Stop Kata Anjay, KPAI Sebut Itu Punya Komnas PA

Anjay merupakan kata yang diplesetkan dari kata sebenarnya. Dasar kata Anjay berasal dari nama hewan anjing

Mengingat kata 'Anjing' begitu kasar, apalagi  jika diucapkan langsung kepada lawan bicara, maka bisa saja lawan bicara atau orang mendengarnya merasa tersinggung dan kurang enak.

Sehingga orang-orang zaman kini memplesetkan kata Anjing menjadi Anjay, sehingga terdengar lebih halus. (Anjay =  Anjing).

Namun ternyata orang yang mengungkapkan kata Anjay, bukan berarti itu sebuah ungkapan yang kasar. Bahkan kebanyakan orang mengungkapkan kata ini sebagai bentuk kekagumannya terhadap suatu hal yang Ia lihat atau dengar.

Selain kata Anjay, kata Anjing juga biasa diplesetkan dengan kata lainnya di jaman ini, seperti Anjer, Njer, Njir, Anjay, dan Njay.

Penggunaan kata Anjer, Njer, Njir, Anjay, dan Njay tergantung kalimat yang akan diucapkan oleh seseorang. Atau dari pilihan kata tersebut, orang-orang bisa terserah menggunakan yang mana, karena secara arti kata-kata tersebut sama saja, yakni Anjing.

Belakangan ini, bahasa prokem mengalami pergeseran fungsi dari bahasa rahasia menjadi bahasa pergaulan anak-anak remaja. 

Dalam konteks kekinian, bahasa pergaulan anak-anak remaja ini merupakan dialek bahasa Indonesia non formal, yang terutama digunakan di suatu daerah atau komunitas tertentu.

Penggunaan bahasa gaul menjadi lebih dikenal khalayak ramai setelah Debby Sahertian mengumpulkan kosakata yang digunakan dalam komunitas tersebut dan menerbitkan kamus yang bernama 'Kamus Bahasa Gaul', pada tahun 1999.

Namun belakangan, kata 'Anjay' kerap digunakan oleh selebgram, Youtuber, influenser, dan lain-lain sebagainya, dalam video pada konten mereka.

Baca Juga: KPAI Tetapkan Kata Anjay Jadi Kata Terlarang

Hal itulah yang dikhawatirkan oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak, karena bukan tak mungkin akan dicontoh oleh anak-anak, yang kebanyakan mencari hiburan di platform media sosial. 

Dketahui bahwa Komisi Nasional Perlindungan Anak mengeluarkan sebuah rilis pers yang di nggah melalui akun Instagram @komnasanak, dalam rilis tersebut menyebutkan, bahwa istilah 'Anjay' berdampak kepada kekhawatiran banyak pihak, terutama orang tua terhadap anaknya.

Unggahan itu pun seketika membuat banyak pihak terutama netizen heboh hingga trending di media sosial Twitter.

Menurut rilis Komnas Perlindungan Anak tersebut, istilah 'Anjay' merupakan salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana.


Sumber:Tribun,suara


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30