Mahfud MD Pastikan Indonesia 99% Resesi Tapi Tidak Krisis Ekonomi

Mahfud MD Pastikan Indonesia 99% Resesi Tapi Tidak Krisis Ekonomi

Ahmad
2020-08-30 10:34:17
Mahfud MD Pastikan Indonesia 99% Resesi Tapi Tidak Krisis Ekonomi
Foto: Instagram/mohmahfudmd

Menkopolhukam Mahfud MD menyebut Indonesia akan dilanda resesi ekonomi pada bulan depan. Tidak tanggung-tanggung, dia mengatakan 99% resesi itu akan terjadu. 

Kendati demikian, resesi itu tidak akan membuat Indonesia mengalami krisis ekonomi.

Mahfud mengatakan, imbauan Pemerintah untuk hidup normal kembali dengan menyadari COVID-19 kurang efektif karena saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengenakan masker, berkerumun seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Padahal virus Corona ini sangat nyata sebagai musuh atau dapat membahayakan kehidupan sehari-hari.

"Sementara kehidupan ekonomi turun terus. Bulan depan hampir dapat dipastikan 99,9 persen akan terjadi resesi ekonomi di Indonesia," katanya saat memberikan sambutan dalam acara temu seniman dan budayawan Yogya di Warung Bu Ageng, Kota Yogyakarta, Sabtu 29 Agustus 2020.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Mengubah DNA Manusia, WHO: Itu Berita Hoaks

 dia meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir. Mengingat resesi bukanlah krisis ekonomi.

"Resesi itu teknis, sebenarnya, tidak berbahaya, aman. Karena resesi itu artinya pertumbuhan ekonomi itu minus atau di bawah 1 selama 2 kuartal berturut-turut," ucapnya.

Terlebih, Indonesia memiliki ekonomi kerakyatan yang mampu menanggulangi resesi.

"Tetapi resesi itu bukan krisis, beda resesi dengan krisis. Karena kita di Indonesia itu punya bahan-bahan lokal, ekonomi rakyat kalau itu bisa digunakan, dinormalkan lagi kehidupan ekonomi rakyat maka resesi yang pasti terjadi itu tidak akan menimbulkan krisis," imbuh Mahfud.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan kondisi kinerja APBN hingga akhir Juli 2020. Fiskal negara belum memberikan tanda-tanda yang bisa membuat ekonomi nasional melaju hingga akhir tahun ini.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bahkan menyebut ekonomi nasional berpotensi minus di sepanjang tahun 2020. Jika benar begitu, maka Indonesia resmi resesi.

Pada kuartal I-2020, perekonomian Indonesia tumbuh di level 2,97% dan di kuartal II-2020 terkontraksi minus 5,32% akibat pandemi Corona. Sementara untuk kuartal III-2020, dia mengungkapkan outlook pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 berada di kisaran 0% hingga minus 2%. Hal tersebut menyusul belum terjadinya pembalikan ekonomi nasional yang solid.

Baca Juga: Terungkap, Ini Asal Mula Ganja Masuk Jadi Tanaman Obat Binaan Kementan

Terkait vaksin covid-19, sebuah teori konspirasi yang mengatakan vaksin Covid-19 dapat mengubah DNA manusia timbul ke permukaan.

Tentu saja, teori tersebut membuat resah masyarakat dunia di tengah ancaman virus corona.

Namun, para ilmuwan berhasil membuktikan bahwa konspirasi tersebut adalah hoaks.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklarifikasi di situs webnya bahwa prinsip kerja vaksinasi adalah untuk merangsang sistem kekebalan, melalui sampel yang didapatkan dari pasien yang sudah tertular.

Kemudian, dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan bahaya atau penyakit.Setelah itu, vaksin yang disuntikkan kepada pasien baru diharapkan dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap sebuah penyakit, dalam hal ini Covid-19. 

Dilansir dari CNN, Minggu 30 Agustus 2020, Vaksin RNA untuk Covid-19 akan menginstruksikan sel untuk menghasilkan protein yang diharapkan dapat menghasilkan kekebalan yang kemudian dapat membunuh virus.




Sumber: Kompas, Detik, Suara, CNN


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30