Kisah Misteri Kalomba dan Topeule, Makhluk Gaib yang Tenar di Sulteng

Kisah Misteri Kalomba dan Topeule, Makhluk Gaib yang Tenar di Sulteng

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-25 14:00:00
Kisah Misteri Kalomba dan Topeule, Makhluk Gaib yang Tenar di Sulteng
Ilustrasi Kalomba (foto: berita unik)

Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyimpan misteri keberadaan makhluk gaib bernama Kalomba. Makhluk ini dipercaya sebagai Siluman Kambing yang mau menghampiri manusia ketika saat petang datang menjelang.

Bahkan, tetua-tua disana melarang buang ampas kelapa di belakang dapur kalau sudah sore karena dipercaya dapat mengundang Kalomba.

Baca Juga:

Deretan Kisah Mistis dari Warga saat Berada di Situ Burung Bogor

Deretan Cerita Mistis dari Penjaga di Museum Perjuangan Bogor, Salah Satunya Pernah Didatangi Arwah Margonda

Cerita Misteri Monyet Putih Sebagai Perantara Seseorang yang Melakukan Ritual di Curug Cigamea Bogor

Kalomba, disebutkan berupa kambing berbulu lebat yang berjalan mundur. Ia akan datang saat malam memakan ampas kelapa yang dibuang di sembarang tempat pada sore hari. Ada pula Kalomba yang dijadikan peliharaan orang untuk memburu kewibawaan dan kesaktian.

Di Parigi, kisah Kalomba juga menduduki posisi kedua setelah Topeule atau Pongko. Adapun Topeule adalah hantu kepala manusia yang mencari mangsa malam hari. Ihwal kisahnya berasal dari manusia yang belajar ilmu gaib namun ia tak mampu. Maka jadilah ia sebagai Topeule. Bila mencari mangsa, badannya akan ditinggalkannya dan ia akan berterbangan hanya dengan kepala dan darah terburai. Mangsanya perempuan dan anak-anak. Kedatangannya diawali dengan bunyi Pokpok. Kata orang Parigi, bila suaranya besar, ia jauh. Bila suaranya kecil ia sudah dekat.

Soal orang yang belajar ilmu gaib, lalu menjadi Topeule, warga sekampung tahu adanya. Biasanya ada bisik-bisik, “itu orang yang bapongko.” Saat siang hari, ia seperti warga biasa. Tak ada tanda-tanda ia adalah hantu yang menakutkan itu.

Konon, ada cara menandai orang macam itu; Bila ada orang yang datang meminta garam pagi hari ke rumah Anda, sudah bisa dipastikan dia adalah Topeule. Supaya tidak diganggu, maka berikan saja apa yang dimintanya. Jadi jangan coba-coba meminta garam di Parigi saat pagi hari ya. Bisa-bisa Anda disangka Topeule.

Kisah-kisah mistis serupa ini, sesungguhnya tak cuma milik rakyat Indonesia, karena hal serupa bisa kita temui di jajaran Kepulauan Pasifik hingga Asia secara umum, dan khususnya Asia Tenggara. Namanya akan menyesuaikan dengan bahasa dan budaya setempat. Di Sulawesi Tengah, kita kebagian kisah Kalomba dan Topeule itu.

Baca Juga:

Cerita Misteri Situ Cikaret di Bogor, Dipercaya Dihuni 12 Makhluk Gaib

Cerita Misteri Hantu Nancy Penghuni SMAN 3 dan 5 Bandung

Terkenal Angker! Begini Deretan Cerita Mistis dari Warga di Kandang Menjangan Jogja

Menebar momok Kalomba dan Topeule sejatinya adalah cara mendiamkan anak-anak yang cengeng kala itu. Dulu, orang-orang tua kita punya beragam cara menenangkan anak-anak.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30