Melalui Virtual Upacara HUT ke-75 RI Bakal Tetap Meriah

Melalui Virtual Upacara HUT ke-75 RI Bakal Tetap Meriah

Yuli Nopiyanti
2020-08-17 09:03:08
Melalui Virtual Upacara HUT ke-75 RI Bakal Tetap Meriah
Ilustrasi bendera Indonesia berkibar (Foto:Dok.Pixabay)

Upacara HUT Kemerdekaan RI pada Senin 17 Agustus 2020 akan dilaksanakan secara virtual atau daring karena adanya pandemi Covid-19.

Tak hanya itu saja pasalnya Sekretariat Presiden menyediakan halaman Pandang Istana, yang merupakan kanal resmi pendaftaran partisipasi upacara secara virtual HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Namun tak hanya itu saja paslanya masyarakat yang juga ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana yang beralamat di https://pandangistana.setneg.go.id.

Baca Juga:  Menyambut HUT Ke-75 RI, Masyarakat Dihimbau Sikap Sempurna Pukul 10.17 WIB, Bagaimana Jika Sedang Mengemudi?

Bahkan tak ahnay itu saja pasalnya kuota sudah terpenuhi sehingga masyarakat bisa melihat langsung lewat siaran di televisi atau lewat live streaming di Youtube Sekretariat Presiden pada pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya Sekretariat Presiden mengalokasikan sebanyak 17.845 undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2020 lewat aplikasi zoom.

Nantinya seluruh masyarakat juga diharapkan untuk turut menghormati peringatan tersebut dengan menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

Dikutip dari laman resmi Presiden.go.id, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini hanya akan dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono juga mengatakan, dalam acara puncak pada tanggal 17 Agustus 2020, panitia yang terdiri atas berbagai kementerian akan bersinergi untuk memberikan nuansa HUT ke-75 RI tetap berlangsung secara meriah.

Selain itu, yang hadir di Istana Merdeka untuk mengikuti upacara ialah para pejabat yang diberikan tugas membacakan teks proklamasi, pembukaan UUD 1945, dan Pancasila.

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga turut hadir dalam upacara. Istana sengaja tak akan mengundang masyarakat karena situasi yang tak memungkinkan untuk mengumpulkan orang banyak di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ini Semangat Bung Karno Menyiapkan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Tetesan Air Mata Kebahagiaan

- Komandan Upacara sebanyak 1 orang:

- Pasukan Pengibar Bendera Pusaka(Paskibraka)

- Sebanyak 3 orang berasal dari cadangan Paskibraka Tahun 2019;

- Pasukan upacara sebanyak 20 orang、berasal dari TNI / Polri;

- Korps musik sebanyak 24 orang:

- MC sebanyak2 orang; serta

- Pasukan pelaksana Tembakan Kehormatan saat Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI sebanyak 17 orang、berasal dari TNI。


Sumber:Liputan6,medcom,tribunnews


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30