Terkait Klaim Punya Obat COVID-19 Dalam Video Anji Ala Hadi Pranoto, Satgas Covid-19: Jangan Dikosumsi

Terkait Klaim Punya Obat COVID-19 Dalam Video Anji Ala Hadi Pranoto, Satgas Covid-19: Jangan Dikosumsi

Ahmad
2020-08-02 17:10:16
Terkait Klaim Punya Obat COVID-19 Dalam Video Anji Ala Hadi Pranoto, Satgas Covid-19: Jangan Dikosumsi
Foto: Instagram/bnpb_indonesia

Jubir pemerintah soal penanganan corona Prof Wiku Adisasmito memberikan tanggapan klaim seorang pria bernama Hadi Pranoto yang mengaku menemukan obat herbal antibodi COVID-19. Ia menegaskan, apabila belum ada bukti ilmiah soal obat herbal itu, maka masyarakat tak boleh mengonsumsinya.  

Wiku menegaskan, obat herbal yang diatur di Indonesia terdiri dari jamu, obat herbal berstandar, dan fitofarmaka. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk mengecek apakah sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau Kementerian Kesehatan.  

Baca Juga: Profil Hadi Pranoto Sang Profesor yang Klaim Punya Obat COVID-19 Dalam Video Anji

"Apabila ramuan herbal tersebut masih dalam tahap penelitian dan belum ada bukti ilmiah tentang keamanan dan efektivitasnya, maka tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat," ujar Wiku, Minggu 2 Agustus 2020.

Sebelumnya, Hadi Pranoto jadi sorotan publik setelah muncul dalam video interview yang dibuat oleh musisi Erdian Aji Prihartanto atau Anji.

Pria itu disebut-sebut memiliki obat virus corona yang ampuh untuk menyembuhkan banyak orang. Hadi Pranoto juga mengaku sebagai pakar Mikrobiologi.

Dalam video yang diunggah ke YouTube pada Jumat 31 Juli 2020, Anji menjelaskan dirinya berbincang dengan Hadi Pranoto di Pulau Tegal Mas, Lampung.

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali di cari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," tulis Anji dalam keterangan video tersebut.

"Dan dari apa yang dia katakan, Antibodi Covid-19 ini sudah terbukti menyembuhkan banyak orang. Menurut berita yang saya baca, Wisma Atlet pun mendapat pasokan obat ini dan pasien terbukti sembuh". dia menambahkan.

Dalam video tersebut, Hadi Pranoto mengaku kepada Anji telah menemukan obat Covid-19. Ia mengklaim penemuannya dapat menyembuhkan sekaligus mencegah virus corona.

"Ini yang disebut-sebut vaksin, kemarin, atau bukan Prof," tanya Anji.

Hadi menjawab, "Ya, ini berupa cairan. Tapi dalam cairan itu terkandung beberapa kandungan yang bisa membunuh Covid-19".

"Alhamdulillah sudah ribuan orang yang kita sembuhkan. Yang sudah terinfeksi maupun masih gejala, dan juga pencegahan, sudah kita berikan herbal Antibodi Covid-19 ini. Alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat," katanya.

Baca Juga: Update Corona di RI: 111.455 Positif, 68.975 Sembuh, 5.236 Meninggal

Setelah ditelusuri lebih dalam, berdasarkan database dosen di situs resmi Kemenristekdikti, pddikti.kemdikbud.go.id, terdapat sejumlah nama "Hadi Pranoto". Namun di sana tidak tertulis, ia menekuni bidang Mikrobiologi seperti klaim yang beredar.

Selain itu, foto profil di biodata tersebut tidak dicantumkan. Sehingga belum dapat dipastikan data-data ini merupakan identitas milik Hadi Pranoto, yang mengaku profesor Mikrobiologi dalam video Anji.


Sumber: Kumparan


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30