Mitos Curug Cilimber Jadi Tempat Mandi Putri Kerajaan Siliwangi

Mitos Curug Cilimber Jadi Tempat Mandi Putri Kerajaan Siliwangi

Alpandi Pinem
2020-07-27 17:36:24
Mitos Curug Cilimber Jadi Tempat Mandi Putri Kerajaan Siliwangi
Curug Cilimber (Istimewa)


Di Bogor, Jawa Barat ada sebuah curug yang mengesankan dimana di tempat ini terdapat 7 curug yang berbeda-beda. Dengan suhu kurang lebih 18 hingga 23 derajat, membuat Anda akan merasakan kesegaran dan kebugaran saat menghirup udara di tempat ini. Siapa pun pasti akan terbius dengan pesonannya dan ingin kembali lagi setelahnya.

Apakah benar kata pengunjung lainnya tentang kawasan ini, bila Curug cilember mempunyai keindahan yang menawan. Selain karena pesona alamnya yang mengagumkan, mitos yang mengiringi tempat tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Dimana, mitos Curug Cilember, tempat mandi para putri Raja Siliwangi.

Bagi masyarakat yang tinggal di tanah Pasundan pasti sudah tidak asing dengan istilah ‘Curug’. Curug sendiri merupakan istilah dalam bahasa Sunda yang berarti air terjun. Sementara ‘Cilember’ merujuk pada kata ‘Lember’, yaitu jamur kuping.

Mengingat pada zaman dahulu keberadaan jenis jamur tersebut cukup melimpah di daerah tersebut, sehingga nama Curug Cilember pun pada akhirnya digunakan masyarakat lokal untuk menyebut lokasi tersebut.

Curug Cilember sendiri merupakan ekowisata yang berdiri di tanah seluas 7 hektar. Dimana secara wilayah administrasi, lokasinya tersebut masuk ke dalam Desa Jogjogan yang berada di wilayah Kecamatan Cisarua Kota Bogor.

Curug Cilember dibangun untuk objek wisata dalam dua tahap, yaitu pada tahun 1990-an dan tahun 2000 oleh Perum Perhutani. Sampai saat ini Curug Cilember sendiri telah banyak mengalami perubahan serta perbaikan untuk kenyamanan para wisatawan lokal maupun mancanegara yang kerap datang ke kota hujan tersebut.

Curug Cilember memiliki 7 air terjun yang sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mandi. Ketujuh lokasinya sendiri memiliki jarak dan lokasi yang berbeda antara air terjun yang satu dengan air terjun yang lainnya. Karena hal itu pula curug yang satu ini dikenal juga dengan sebutan Curug 7 Cilember.

Masyarakat sendiri membedakan curug yang satu dengan yang lainnya berdasarkan angka. Dimana semakin kecil angka, maka semakin sulit juga medan yang harus ditaklukkan untuk bisa sampai ke air terjun. Bagi mereka yang terbiasa melakukan petualangan di alam liar, hal tersebut tentu bukanlah hal yang sulit.

Baca Juga : Curug Sawer, Wisata di Banten Masih Perawan yang Konon Dijaga Buaya Putih

Baca Juga : Seram! 3 Air Terjun Indah Ini Ternyata Mempunyai Kisah Mistis yang Mengerikan, Ada Minta Tumbal Hingga Sosok Kuntilanak

Baca Juga : Indahnya Air Terjun Madakaripura yang Konon Disebut-sebut Sebagai Tempat Pertapaan Gajah Mada


Namun bagi mereka yang belum terbiasa melakukan perjalanan berat dan berliku mungkin akan sedikit kewalahan karena jaraknya dan medannya yang tidak mudah. Oleh karena itu untuk berwisata ke tempat ini memang memerlukan stamina fisik yang cukup baik agar bisa menyusuri setiap air terjun yang ada di sana.

Selain terdapat 7 air terjun yang mempesona, pihak pengelola pun telah menyediakan objek wisata lain yang tak kalah menarik berupa konservasi Kupu-Kupu, dimana di dalamnya terdapat ratusan lebih spesies kupu-kupu yang bisa membuat kagum para pengunjung.

Tak hanya sampai di situ pihak pengelola juga telah menyediakan camping ground yang dilengkapi dengan fasilitas penyewaan tenda bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di alam bebas.

Selain terkenal sebagai objek wisata yang indah. Curug Cilember juga memiliki cerita menarik yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Pajajaran serta mitos-mitos yang kerap terdengar di tengah masyarakat.

Keberadaan Curug Cilember sendiri sering dikaitkan dengan petilasan Prabu Siliwangi dari kerajaan Pejajaran. Masyarakat sekitar percaya bahwa dahulu kala Curug Cilember merupakan tempat yang biasa digunakan sang prabu dan juga oleh para putri dari kerajaan Siliwangi untuk melakukan ritual mandi.

Hal tersebut pun diperkuat dengan keberadaan sebuah situ makam yang dipercaya oleh masyarakat sekitar adalah makam dari Embah Jaya Sakti, beliau diyakini oleh warga setempat merupakan seseorang yang masih memiliki garis keturunan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pejajaran.

Keberadaan air terjun tersebut memang telah menarik perhatian masyarakat terlebih banyak pula diantara masyarakat yang mempercayai bahwa air terjun yang ada di Curug Cilember mampu membuat orang terlihat awet muda, terhindar dari penyakit, bahkan dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat membuat seseorang mudah menemukan jodoh. Masyarakat sendiri percaya bahwa air terjun yang mampu memberikan efek tersebut berada di air terjun nomor empat.

Masyarakat juga banyak yang percaya bahwa dengan berziarah ke makam keramat Embah Jaya Sakti yang berada di lokasi air terjun nomor 7, mampu memberikan berkah. Oleh karena itu setiap hari tempat tersebut memang tak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga : Bikin Merinding, Begini Cerita Mistis Dibalik Keindahan Air Terjun Sedudo di Nganjuk

Baca Juga : Inilah 5 Mitos Gaib yang Bikin Merinding yang Meliputi Pantai Papuma di Jember

Baca Juga : Kisah Angker Makam Keramat Plangon di Cirebon Bikin Pasangan yang Berani Cabul Mati Gencet


Peziarah yang datang berkunjung ke makam tersebut biasanya akan mengalami pelonjakkan pada bulan Muharram dan Maulid (Jumadil Awal), yaitu tanggal 10 hingga 14 Maulud.

Selain pada tanggal tersebut banyak pula pengunjung yang melakukan ritual  mandi di air terjun tersebut pada malam Jumat Kliwon. Pengunjung meyakini bahwa ritual mandi di air terjun ketujuh dapat memberikan dua manfaat dimana air terjun yang ada di sebelah kiri dapat memberikan wajah awet muda, sementara yang ada di sebelah kanan dapat memberikan kekuatan.

Kepercayaan inilah pula yang membuat tempat tersebut sering dipenuhi oleh para pengunjung dari berbagai perguruan silat yang ada di berbagai daerah untuk melakukan latihan di tempat tersebut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24