Sumur Keramat Bejagung di Tuban, Airnya Dipergunakan untuk Pengambilan Sumpah Pocong

Sumur Keramat Bejagung di Tuban, Airnya Dipergunakan untuk Pengambilan Sumpah Pocong

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-21 15:37:36
Sumur Keramat Bejagung di Tuban, Airnya Dipergunakan untuk Pengambilan Sumpah Pocong
Sumur Keramat Bejagung (foto: pinterest)

Sumur Keramat Bejagung yang berada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tepatnya di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding merupakan sumur tua yang dianggap keramat oleh warga setempat.

Warga setempat pun setiap dua tahun sekali, membersihkan dasar sumur keramat itu. Namun, pembersihan ini hanya boleh dilakukan keturunan dari Mbah Pamor, yakni orang yang merupakan penggali sumur itu.

Giling (kail) dari batang kayu yang diperkirakan usianya sudah puluhan tahun lamanya di sumur keramat Bejagung, menjadi magnet bagi para pengunjung saat mengambil airnya.

Sumur keramat Bejagung diperkirakan sudak ada sejak 1841 Masehi. Banyak yang meyakini bahwa ada kelebihan tersendiri ketika menggunakan airnya.

Baca Juga:

Gua Ngerit di Trenggalek, Gua Eksotik Menyimpan Mitos Keberuntungan, Ini Syaratnya

Gebogan, Sesaji yang Diusung Saat Tradisi Hindu di Bali

5 Hutan di Indonesia Terkenal Sangat Angker, Salah Satunya Hutan Paloh di Kalimantan

Kades Bejagung bernama Aang Sutanto menceritakan, air sumur tersebut biasanya dipakai untuk pengambilan sumpah, bahkan dipakai warga untuk pengambilan sumpah pocong, terkait tuduhan seseorang untuk mengetahui jawaban atas kebenaran.

Menurutnya, tidak jarang jika masyarakat ada suatu masalah atau fitnah dari orang lain, biasanya menggunakan air tersebut untuk mencari jawaban.

"Air yang berasal dari sumur sempat dijadikan orang sebagai perantara pengambilan sumpah, dengan cara meminum air itu," terangnya.

Sutanto mengatakan, para pengunjung yang datang biasanya membawa air untuk dibawa pulang, bahkan bisa antre jika pengunjung ramai. Hal tersebut, kata dia, digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengobatan.

Untuk mendapatkan air itu, butuh sebuah perjuangan karena peralatan yang dipakai masih bersifat tradisonal atau dengan cara menimba. Hanya disediakan alat katrol yang terbuat dari kayu dengan tali untuk menarik ember yang berisi air ke atas.

"Butuh sekitar tiga sampai empat orang untuk menggerakkan katrol untuk mendapatkan airnya," katanya.

Abdurrochim salah seorang warga setempat mengungkapkan, setiap malam Jumat Wage dan Kamis Pon selalu ramai para pengunjung.

Baca Juga:

Merinding! Kisah Menyeramkan Sumur Mayat Hingga Sosok Genderuwo dan Gedung Dikelilingi Siluman Naga di Fakultas Kedokteran Unair

Kisah Misteri Makam Keramat Nyonya Kompi yang Konon Peziarah yang Sukses Bisa Tiba-tiba Kembali Bangkrut

Viral, Sel Paling Menyeramkan di Indonesia Sering Terdengar Suara Minta Tolong

Kepentingannya pun bermacam-macam, seperti agar bisa lepas dari kesialan, mendapat selamat, dan mendapatkan keberkahan rezeki, serta beberapa kepentingan yang lainnya. "Kamis Pon dan Jumat Wage banyak peziarah yang datang," katanya.

Sebelum acara bersih sumur tua tersebut dilakukan, sebelumnya ada prosesi manganan sebanyak enam kali, dan ditutup acara yang terakhir yaitu bersih sumur.

"Ada juga acara barikan yang digelar di Pendopo kantor desa," katanya.

Selain itu, siangnya setiap hari, sekitar pukul 13.00 WIB, warga setempat berkumpul, melakukan manganan yang berupa dawet dan nasi tumpeng. Dua hal tersebut merupakan syarat mengikat kehidupan.

Sumber: Liputan6


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24