Pulau Giliyang Punya Kualitas Oksigen Terbaik di Dunia

Pulau Giliyang Punya Kualitas Oksigen Terbaik di Dunia

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-20 19:02:27
Pulau Giliyang Punya Kualitas Oksigen Terbaik di Dunia
Pulau Giliyang (foto: Mata Madura)

Pulau Gili Iyang atau Giliyang di Dungkek, Sumenep, Jawa Timur merupakan pulau-pulau kecil di Madura. Pulau-pulau kecil tersebut punya awalan nama yang sama dengan pulau-pulau kecli yang ada di Lombok yaitu Gili. Selain namanya yang sama, keindahannya juga tak kalah dengan gili-gili yang ada di Lombok.

Giliyang punya daya pikat sebagai wisata kesehatan karena terkenal dengan kadar oksigen tertinggi di Indonesia dan bahkan di dunia, yaitu 21,5 persen. Jumlah tersebut lebih tinggi dari kadar oksigen rata-rata yang sebesar 20 persen.

Baca Juga:

Misteri Batu Cenneng, Beruara Aneh saat Dipikul

Mitos Gerhana Bulan ‘Merah Darah’, Bangunkan Pepohonan Jarang Berbuah

Akibat Mitos, Salah Satu Dusun di Jawa Timur ini Hanya Bisa Dihuni 26 Keluarga dan Menjadi Tempat Wisata

Dengan kualitas oksigen yang terbaik, Giliyang sering dijuluki Pulau Oksigen atau Pulau Oksigen Giliyang. Pada 2015, pulau ini termasuk dalam objek wisata kesehatan di Indonesia.

Untuk bisa menuju Giliyang, kita harus ke Desa Dungkek terlebih dahulu lalu menyewa perahu yang berada di Pelabuhan. Lama perjalanan menuju lokasi sekitar 45 menit. Di Giliyang, pengunjung bisa memulai aktivitasnya dengan menelusuri seluruh pulau dengan trekking atau menyewa odong-odong, kendaraan roda 3 khas masyarakat setempat.

Usai menelusuri seluruh pulau, kita dapat mengisi waktu dengan aktivitas air seperti snorkeling atau diving, Keindahan bawah laut disini hampir sama dengan yang ada di Lombok.

Hal yang paling unik dari Giliyang adalah ketika Anda mengengelingi seluruh pulau, secara tidak langsung menambah kesehatan dan membuat Anda awet muda. Itu karena kandungan oksigen yang sekitar 21 sampai dengan 21,5 persen tadi.

Angka tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jawa Timur pada 2006. Penelitian serupa dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep pada 2016. Hasilnya juga sama yaitu sekitar 21-21,5 persen.

Kandungan oksigen yang ada di Giliyang bahkan lebih tinggi dari Laut Mati di Yordania yang membuat Giliyang menjadi daerah dengan oksigen tertinggi di dunia.

Baca Juga:

Kisah Warga Awar-awar Bersahabat dengan Buaya Sungai Porong

Seram! Daftar Jembatan Angker dari Sabang Hingga Marauke

Hati-hati! Ini Beberapa Tol di Indonesia Terkenal Seram dan Sering Memakan Korban Jiwa

Selain mengandung oksigen yang tinggi, pulau ini juga jauh dari kata polusi karena jarangnya kendaraan bermotor yang melintas. Kandungan karbondioksida yang ada di gili ini hanya sekitar 265, sementara tingkat kebisingannya hanya 36,5 dbl. Jadi, selain udaranya menyegarkan suasananya juga menenangkan hati sehingga banyak penduduknya yang berumur panjang

Tak heran jika warga di Giliyang berumur panjang. Kakek nenek yang berumur 80 saja masih terlihat bugar dan sehat, bahkan konon ada yang sampai berumur 175 tahun!

Sumber: Liputan6


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24