Seram! Daftar Jembatan Angker dari Sabang Hingga Marauke

Seram! Daftar Jembatan Angker dari Sabang Hingga Marauke

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-20 14:13:26
Seram! Daftar Jembatan Angker dari Sabang Hingga Marauke
Jembatan Bolong (foto: Otosia.com)

Di Indonesia banyak terdapat jembatan mulai dari jembatan peninggalan Belanda. Maka dari itu tidak sikit juga terdapat jembatan sebagai tempat  angker dianggap sebagai hal menakutkan yang masih dipercaya hingga kini.

Nah, kali ini Correcto.id merangkum beberapa jambatan yang dianggap angker di Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga: 

Hati-hati! Ini Beberapa Tol di Indonesia Terkenal Angker dan Sering Memakan Korban Jiwa

Jenglot, Benda Seram yang Harus Diberi Setetes Darah Setiap Hari, ini yang Terjadi Bila tidak Dituruti

Kisah Mistis Danau Taman Hidup di Gunung Argopuro, Penunggunya Suka Menggoda Pendaki untuk Menceburkan Diri Dalam Danau

1. Jembatan Suramadu 

Jembatan Suramadu penghubung Surabaya dengan Madura yang diresmikan pada tahun 2009 lalu oleh Presiden RI kala itu. Meski tergolong baru, jembatan ini sudah sangat terkenal dengan cerita mistisnya.

Kisahnya, dibalik pembangunan jembatan ini ada permintaan tumbal nyawa manusia, karenanya nggak sedikit para pekerja yang meninggal secara misterius. Bahkan, ada yang percaya kehadiran Sundal Bolong yang seringkali menampakkan wajahnya di jembatan ini.

2. Jembatan Ancol

Jembatan yang letaknya di Jakarta Utara ini konon ada seorang perempuan cantik yang kerap kali mengganggu lelaki hidung belang yang “nakal”. 

Penunggu jembatan Ancol ini dipercaya sebagai seorang gadis bernama Mariyam. Ia menjadi penunggu jembatan setelah diperkosa dan dibunuh di sana. Penampakan pertamanya terjadi pada tahun 60-an, ketika ada seorang lelaki mengaku bertemu sesosok gadis cantik berbaju putih, yang kemudian menghilang secara tiba-tiba setelah diantar sampai ke seberang sungai.

3. Jembatan Cincin

Jembatan Cincin yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, hingga penjajahan Jepang ini adalah jalur kereta yang mengangkut hasil perkebunan dari Rancaekek ke Jatinangor.

Karena begitu kerasnya sistem kerja rodi yang diterapkan oleh penjajah di jalur kereta tersebut, korban jiwa pun berjatuhan. Jembatan yang memiliki 11 tiang dan 10 lekukan itu pun disebut-sebut banyak menyimpan kisah mistis hingga saat ini.

Warga yang tinggal di sekitar jembatan ini mengaku sering mendengar suara perempuan dan anak kecil di malam hari.  

4. Jembatan Jiwan

Jembatan Jiwan yang berada di perbatasan Magetan dan Madiun ini juga terkenal angker. Jembatan yang berada di atas sungai Bakung ini sering terjadi penampakan hantu.

Menurut cerita warga setempat, hantu yang bergentayangan di jembatan ini merupakan sosok wanita cantik bernama Sadikem. Hantu ini sering menggoda penumpang yang lewat.

Teror hantu Sadikem nggak cuma berwujud penampakan kepada orang yang lewat. Namun lebih dari itu, ia mencegat dan meminta tumpangan. Konon katanya, kalau nggak dikasih tumpangan si orang ini akan mengalami kecelakaan.

5. Jembatan Ampera

Jembatan ini berada di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Dibalik pesonanya yang terlihat megah, jembatan ini juga dipercaya ada sosok wanita yang cantik sebagai penunggu jembatan ini.

Sosok hantu tersebut disebut “Noni” oleh warga sekitar. Ya, karena ia adalah sesosok gadis Belanda bernama Elisse Edwind Rikkar van Eindhoven yang meninggal karena diperkosa dan dibunuh di sana.

Karena itu ia ingin menuntut balas pada setiap lelaki hidung belang yang lewat. Rambutnya pirang, berperawakan menggoda dan memiliki paras manis.

Saat kamu melewati jembatan ini, jangan sampai tergoda ketika kamu melihat sosok gadis cantik berbaju merah sendirian di sana. Utamanya pada malam Jum’at Kliwon dan malam Selasa Pon. Jika sampai tergoda, bisa-bisa kamu diseret dan ditenggelamkan di sungai!

6. Jembatan Bolong

Jembatan Bolong yang berada di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat ini juga terkenal angker karena sering terjadi kejadian diluar nalar. Jembatan ini dahulunya sering terjadi kecelakaan lalu-lintas dan penampakan makhluk astral.

Sebelum jembatan ini direhap, banyak para sopir yang melintas jembatan bolong ini mengaku mesinnya tiba-tiba mati mendadak. Kejadian kecelakaan lalu-lintas juga sering terjadi setiap Malam Jumat. Menurut cerita warga, penghuni jembatan selalu meminta tumbal.

7. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang yang berada di Batam ini juga tidak kalah angker dengan jembatan sebelumnya. Selain terlihat megah, jembatan ini juga sering disebut-sebut sebagai tempat favorit bunuh diri.

Tidak sedikit banyak orang mengaku sering mendengar suara gaib yang selalu menggoda para pengunjung untuk bunuh diri dengan cara lompat dari atas jembatan ke laut yang ada di bawah jembatan tersebut.

Baca Juga:

Gunung Genthong di Ponorogo, Gunung Mirip Kepala Kera Raksasa dan Punya Mitos Petunjuk Datangnya Hujan

Dua Desa di Ponorogo ini Dilarang Menikah Meski Saling Jatuh Cinta, Ini Penyebabnya

Benteng Pendem di Ngawi, Menyipan Misteri dari Penampakan Gaib Rombongan Tentara Belanda Hingga Dihuni Ular Berkepala Manusia

8. Jembatan Merah

Jembatan angker ini menjadi salah satu lokasi berhantu yang ada di Surabaya. Ketika kamu melintas di jembatan ini, konon entah dari mana ada bau anyir yang selalu tercium.

Banyak dari para pengendara yang melintasi jembatan tersebut mendengar suara minta tolong dan penampakan sosok gaib dengan sebagian tubuhnya yang hilang.

9. Jembatan Eretan

Jembatan Eretan yang berada di Indramayu ini juga terkenal angker. Konon, banyak orang-orang yang diisengi saat melewati jembatan ini. Sering ada sesosok hantu yang berdiri di dekat jembatan ini, meminta untuk diantarkan pulang.

Meski niatmu baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan sebelum mengiyakan permintaan sosok tersebut. Kalau tidak, kamu pasti ketakutan saat tetiba kamu tersadar dan berada di tengah kuburan dan penumpang tersebut hilang entah kemana!


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30