Seram! Misteri Terowongan Wilhelmina Jadi Tempat Pesugihan, Dulunya Tempat Pembantaian, Ada Kandungan Emas dan Perak Juga

Seram! Misteri Terowongan Wilhelmina Jadi Tempat Pesugihan, Dulunya Tempat Pembantaian, Ada Kandungan Emas dan Perak Juga

Alpandi Pinem
2020-07-15 17:40:47
Seram! Misteri Terowongan Wilhelmina Jadi Tempat Pesugihan, Dulunya Tempat Pembantaian, Ada Kandungan Emas dan Perak Juga
Terowongan Wilhelmina di Jawa Barat (Istimewa)


Sebuah terowongan Wilhelmina yang berada di Jawa Barat memiliki masa lalu yang cukup kelam dan mengerikan. Sepentas terlihat terowongan ini memiliki ruang yang sempit tak seperti terowongan pada umumnya.

Terowongan peninggalan zaman Belanda ini dinobatkan menjadi terowongan terpanjang nonaktif di Indonesia dengan panjang 1.208 meter. Pada masa jayanya, terowongan ini menghubungkan jalur kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang yang dibangun oleh Hindia Belanda di bawah naungan perusahaan perkeretaapian Staatsspoorwegen (SS) pada 1914 dan diresmikan pada 1 Juni 1921.

Namun karena beberapa masalah pada zamannya, terowongan ini resmi ditutup secara total pada 1982 bersamaan dengan penutupan sejumlah rel kereta nonaktif lainnya seperti Garut-Cikajang dan beberapa rute KA di Bandung.

Saat ini rute Banjar-Pangandaran-Cijulang masuk dalam daftar empat rute kereta api di Jawa Barat yang bakal direaktivasi oleh PT.Kereta Api Indonesia (KAI) bersamaan dengan Cibatu-Garut-Cikajang, Rancaekek-Tanjungsari, dan Bandung-Ciwidey.

Baca Juga : Heboh! Temuan Bungker Kuno yang Masih Misteri Pernah Gemparkan Warga Kota Sukabumi

Baca Juga : Sering Terdengar Suara Tangisan, Beginilah Cerita Horor Terowongan Paledang di Bogor

Baca Juga : Merinding! Ternyata Tempat di Rumah Sakit Paling Angker Ini Dianggap Angker Selain Kamar Mayat


Selain menjadi terowongan terpanjang, Terowongan Wilhelmina ini memiliki banyak misteri dan sejarah yang ada di dalamnya. Sebenarnya terowongan bekas peninggalan Belanda ini tidak hanya satu di rute Banjar-Pangandaran-Cijulang melainkan ada tiga yakni Terowongan Batulawang (281,5 meter), Terowongan Hendrik (105 meter), Terowongan Juliana (147,70 meter).

Terowongan Wilhelmina lah yang paling mendapat sorotan karena jaraknya yang paling panjang sekaligus angker. Nama Wilhelmina sendiri berasal dari seorang ratu asal Belanda yang memiliki nama lengkap Wilhelmina Helena Pauline Maria terowongan ini berada di perbukitan kapur yang ada di Desa Ampak dan Desa Bagolo, Kalipucang, Pangandaran.

Selama pembangunannya, konon terowongan ini sempat terbengkalai pada 1916 karena tidak ada tenaga ahli yang bekerja. Selain medan yang sulit, banyak pekerja yang sakit dan berujung meninggal dunia secara tiba-tiba. Padahal pada zamannya, terowongan ini sangatlah penting karena berfungsi sebagai rute pengangkut hasil bumi seperti kopra, padi dan rempah.

Merangkum dari berbagai sumber, meski saat ini terowongan tersebut berstatus non-aktif, namun masih banyak orang yang datang ke tempat tersebut. Mereka yang datang ada yang hanya untuk berswafoto, namun ada pula yang bertapa di dalam terowongan angker tersebut. Meski demikian, tidak ada satupun orang yang tahu tujuan dan maksud orang tersebut memilih bertapa di tempat itu.

Orang sekitar desa hanya berasumsi bahwa orang yang bertapa di Terowongan Wilhelmina adalah orang yang ingin menuntut ilmu atau pesugihan. Menurut laporan masyarakat sekitar, di dalam terowongan yang melegenda tersebut kerap ditemukan beberapa benda seperti kayu yang dibakar sebagai alat penerangan mereka ketika ritual tapa.

Baca Juga : Bikin Merinding! Petugas Rumah Sakit di Kalimantan Ini Mengaku Diganggu Makhluk Gaib

Baca Juga : Awas! Jangan Lakukan 6 Hal Sederhana Ini Karena Dipercaya Dapat Mengundang Hantu

Baca Juga : Wow! Kisah Seram Seorang Pria di Bogor yang Mengaku Dibawa Makhluk Gaib ke Kamar Mayat


Selain kerap dipakai bertapa, beberapa kisah pun menceritakan kalau terowongan ini diindikasikan sebagai sumber minyak bumi pada zaman penjajahan Belanda. Tak hanya itu, di sekitar terowongan tersebut juga terdapat sejumlah bebatuan berharga. Kabarnya batuan tersebut memiliki kandungan unsur emas dan perak yang bernilai tinggi.

Adapun cerita yang mengatakan bahwa terowongan ini dulunya digunakan oleh para Tentara Belanda untuk melenyapkan seseorang. Jadi orang yang telah dibawa menyusuri terowongan bersejarah ini, akan dilenyapkan. Saat ini kondisi Terowongan Wilhelmina sangat terbengkalai dan dipenuhi ilalang yang menambah kesan angker dan mistis bagi siapapun yang mendatanginya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24