Mitos dari Goa Tak Berujung di Ciamis ini Dipercaya Dapat Tembus ke Mekkah, Begini Cerita dari Warga Setempat

Mitos dari Goa Tak Berujung di Ciamis ini Dipercaya Dapat Tembus ke Mekkah, Begini Cerita dari Warga Setempat

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-11 13:33:45
Mitos dari Goa Tak Berujung di Ciamis ini Dipercaya Dapat Tembus ke Mekkah, Begini Cerita dari Warga Setempat
Goa Barakallah (foto: kabarpriangan.com)

Di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terdapat goa unik bernama Goa Barakallah. Goa yang terletak di blok Malabar Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican ini dikatakan unik karena lorongnya sangat panjang sekali. Bahkan, jarang ada orang yang berhasil sampai ke ujung goa. Makanya, goa ini sering pula disebut goa tak berujung.

Berdasarkan mitos warga setempat, hanya orang tertentu yang bisa sampai ke ujung goa. Orang tertentu itu yakni orang sholeh yang memiliki amalan agama yang sudah mumpuni. Karena apabila ada orang yang bisa sampai ke ujung goa, konon bisa langsung tembus ke tanah suci Mekkah Arab Saudi melalui pintu jalan gaib.

Baca Juga: Pendopo Kabupaten Tasik Kerap Terdengar Suara Makhluk Astral, Begini Cerita dari Petugas Satpol PP

Baca Juga: Makam dan Gua Pamijahan di Tasikmalaya ini Disebut-sebut Dapat Tembus Menuju Makkah, Benarkah?

Baca Juga: Situ Sanghyang di Tasik, Menyimpan Cerita Legenda dan Sering Terjadi Fenomena Mistis Pertanda Bakal ada Sebuah Kejadian

Mitos itupun sudah dipercayai oleh warga setempat. Maka tak heran di goa ini banyak orang yang sengaja bertapa atau sekedar menggelar doa. Karena konon di goa ini dulunya pernah dijadikan tempat berdoa para wali.

Dilansir dari harapanrakyat.com, seorang warga setempat bernama Suhada mengatakan, keberadaan goa ini belum diketahui banyak orang. Karena lokasinya berada di atas bukit yang jaraknya kurang lebih sekitar 15 kilometer dari jalan desa setempat. 

“Selain goa ini tidak banyak terekspos, juga karena lokasinya jauh dari permukiman penduduk. Jadi, orang tertentu saja yang datang ke sini,” ujarnya.

Suhada mengatakan, ketika dirinya masih muda, pernah mencoba menjelajah ke ujung lorong goa untuk mengetahui sebarapa panjang lorongnya. Namun, meski sudah berjalan kaki hampir seharian menelusuri lorong goa, ternyata belum sampai ke ujungnya.

“Sampai-sampai waktu itu menghabiskan 9 obor untuk penerang, tetapi belum sampai ke ujung goa. Saya waktu itu kecapaian dan memutuskan untuk tidak melanjutkan penjelajahan ke ujung goa,” katanya.

Tak hanya dirinya, beberapa peziarah dari berbagai daerah pun sama belum pernah ada yang berhasil sampai ke ujung goa. Sampai saat ini, kata dia, misteri ujung goa lalay belum pernah terpecahkan.

“Paling ada cerita legenda dari omongan orangtua jaman dulu. Katanya pernah ada orang sholeh yang berhasili menjelajah sampai ke ujung goa. Dan konon katanya langsung tembus ke tanah suci Mekkah. Tapi itu hanya cerita saja dan secara fakta hari ini belum pernah ada orang yang bisa sampai ke ujung goa,” terangnya.

Menurut cerita pula, kata Suhada, di dalam gua itu konon terdapat tiga pintu keluar. Satu pintu tembus ke salah satu pesantren yang lokasi tidak jauh dari lokasi goa. Sementara dua pintu lainnya tembus ke goa di Pamijahan Tasikmalaya dan pintu di ujung goa tembus ke tanah suci Mekkah.

Baca Juga: Danau Setu Patok di Cirebon, Meyimpan Cerita Terbentuknya Danau hingga Tempat Pengobatan Caleg Setres

Baca Juga: Ritual Tabur Garam di Jalur Nagreg Jabar ini Pertanda Pengguna Jalan Akan Celaka, Benarkah?

Baca Juga: Kisah Kapten Rivai Mengancam akan Tembak Mati Anak Buahnya Bila Melibatkan Praktik Mistis Melawan Belanda di Gunung Cikuray Garut

“Kalau pintu goa yang tembus ke Pesantren Nurul Hidayah itu benar adanya. Karena lokasi pintunya tidak jauh dari mulut goa. Tetapi dua pintu lainnya, yakni yang tembus ke Pamijahan dan Mekkah, itu hanya cerita mitos yang melegenda dan pembuktiannya belum bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Sumber: harapanrakyat.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30