Seram! Kisah Misteri Pintu Air Jagir Surabaya Dijaga Sosok Makhluk Besar dan Siluman Buaya Putih

Seram! Kisah Misteri Pintu Air Jagir Surabaya Dijaga Sosok Makhluk Besar dan Siluman Buaya Putih

Alpandi Pinem
2020-07-08 12:00:00
Seram! Kisah Misteri Pintu Air Jagir Surabaya Dijaga Sosok Makhluk Besar dan Siluman Buaya Putih
Pintu Air Jagir Surabaya (Istimewa)


Indonesia memang memiliki banyak sekali mitos-mitos yang sudah ada sejak zaman dulu namun tetap terjaga hingga kini. Namanya juga mitos, tidak ada yang bisa membuktikan kebenaran atau kesalahannya. Semua itu dibiarkan, bagi yang percaya silakan, bagi yang tidak percaya juga silakan. Terbiasa dengan hal semacam itu, mitos-mitos justru seringkali berguna agar masyarakat tidak sembarangan dalam berbuat sesuatu.

Salah satu mitos yang kerap beredar di berbagai wilayah di Indonesia ialah adanya suatu tempat atau bangunan yang dijaga atau dikuasai oleh sesosok makhluk gaib. Seperti sebagian masyarakat Surabaya yang percaya bahwa pintu air Jagir dijaga oleh sosok siluman buaya putih. Ada yang pernah melihat sosok tersebut, namun tetap masih banyak yang tidak mempercayainya.

Pintu Air Jagir yang merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda di Kota Surabaya, terletak di Jalan Jagir, Wonokromo, Surabaya, denga menjulang tinggi yang berdiri kokoh ini memiliki fungsi untuk mengatur debit air dan mengantisipasi banjir. Bangunan ini juga sudah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Baca Juga : Kisah Misteri Benteng Van Den Bosch Sering Terdengar Suara Jeritan Minta Tolong dan Sering Terlihat Wanita Paruh Baya

Baca Juga : Inilah 5 Mitos Gaib yang Bikin Merinding yang Meliputi Pantai Papuma di Jember

Baca Juga : Kisah Misteri Dusun Karang Kenek di Jawa Timur yang Dikutuk Penduduknya Tak Bisa Bertambah


Memasuki pagar ke arah pintu air, di samping kiri terdapat sebuah hiasan dinding dari kayu yang menempel di tembok. Suara air yang cukup keras mengalir dari arah barat menuju timur.

Dilansir dar berbagai sumber, dibalik kemegahan bangunan ini ternyata Pintu Air Jagir memiliki sebuah misteri yang sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat Kota Surabaya. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, di Pintu Air Jagir ini ada sosok makhluk besar sebagai penunggu. Warga juga kerap melihat sosok buaya putih yang dipercaya tinggal di pintu air tersebut.

Menurut warga sekitar bahwa di Pintu Air Jagir ini, sering kali lampu penerangan untuk bangunan tersebut mati. Akhirnya perbaikan sering dilakukan untuk menggantikan lampu yang baru. Saat itu yang sedang melakukan perbaikan itu melihat sosok menyerupai orang berbadan tinggi dan besar yang menggantung di pegangan rantai yang ada di pintu air.

Bahkan, banyak yang mengaku jika pernah melihat orang asing yang tiba-tiba datang langsung memarkirkan motornya ke dalam pintu air. Seketika orang tersebut meloncat ke sungai persis di depan aliran pintu air.

Baca Juga : Seram! Kisah Misteri Wanita Dibantu Hantu Bersalin di Gedung Bekas Rumah Sakit di Jawa Timur

Baca Juga : Kisah Misteri Sungai Brantas di Kediri yang Dihuni Sosok Buaya Putih

Baca Juga : Wow! Inilah Sejarah dan Mitos Tentang Presiden akan Lengser Jika Berkunjung ke Kediri


Namun, sosok-sosok yang biasa menghantui orang-orang di Pintu Air ini biasanya pendatang baru yang belum mengetahui tentang sejarah pintu air atau cerita-cerita mistis yang beredar di masyarakat.

Percaya atau tidak, masyarakat sekitar sampai saat ini memilih untuk mempercayai apabila di Pintu Air Jagir ini disebut sebagai tempat angker dan terdapat sosok penjaga.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24