Gerakkan Kembali Perekonomian Nasional, UMKM Jadi Prioritas Pemerintah

Gerakkan Kembali Perekonomian Nasional, UMKM Jadi Prioritas Pemerintah

Anisa Br Sitepu
2020-07-07 14:43:14
Gerakkan Kembali Perekonomian Nasional, UMKM Jadi Prioritas Pemerintah
Menteri Perekonomian, Airlangga Artanto (Foto:Istimewa)

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Artanto menyelenggarakan peluncuran penjaminan kredit modal kerja UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Langkah itu dilakukan untuk menghidupkan kembali perekonomian di tengah oandemi virus Corona. 

Airlangga mengatakan bahwa saat ini, UMKM menjadi prioritas pemerintah dalam menggerakkan kembali roda perekonomian nasional. 

Baca Juga: Erick Thohir hingga Sri Mulyani Jadi Saksi Peluncuran Penjaminan Kredit UMKM

Hal itu dapat dilihat dari beberapa waktu lalu, perbankan telah diberikan keleluasaan untuk melakukan restrukturisasi bagi UMKM yang terdampak pandemi.

"Pada kesempatan ini UMKM jadi prioritas utama untuk pemulihan ekonomi. Perbankan telah diberikan keleluasaan melakukan restrukturisasi kredit," ujar Airlangga di acara Peluncuran Penjaminan Modal Kerja UMKM dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, yang disiarkan lamgsung di akun YouTube Kementerian BUMN pada Selasa, 7 Juli 2020.

Lebih lanjut, Airlangga memaparkan dalam mendorong kinerja UMKM yang lebih optimal, pemerintah juga memberikan suntikan modal kerja bagi UMKM. Pemberian suntikan modal kerja ini juga diiringi dengan BUMN sebagai penjamin kredit.

"Pemerintah sesudah restrukturisasi menganggap penting suntikan modal kerja untuk UMKM, dan penjaminan kredit menjadi sangat penting. Oleh karena itu baik Askrindo maupun Jamkrindo diharapkan secara aktif melaksanakan programnya sehingga program modal kerja ini bisa dilakukan perbankan," paparnya.

Kemudian, dia mengungkapkan, melalui Kemenkeu, pemerintah telah mengalokasikan imbal jasa penjaminan, counter guarantee, dukungan re-sharing lain yang diperlukan menggerakkan ekonomi. Pemerintah juga melakukan pencadangan dana cadangan untuk penjaminan.

"kalau kita lihat dari kredit UMKM, NPL sampai Maret relatif rendah, secara keseluruhan 5,09 persen, usaha kecil 3,99 persen dan menengah 1,97 persen. Tentunya Pemulihan Ekonomi Nasional untuk membantu UMKM, pemerintah telah melakukan pembebasan bunga dan penundaan pokok untuk yang terdampak Covid-19 untuk periode 6 bulan," tandasnya.

Baca Juga: Pemerintah Rilis Aturan Penjaminan Kredit bagi UMKM dalam Program Pen, Ini Isinya

Peluncuran tersebut turut dihadiri oleh  Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menko Maritim & Investasi, Airlangga Artanto sebagai Menko Perekonomian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Ketua OJK Wimboh Santoso dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.  


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24