Kisah Misteri Telaga Warna Dieng yang Airnya Berubah Warna dan Menjadi Tempat Mandi Para Dewi di Jawa Tengah

Kisah Misteri Telaga Warna Dieng yang Airnya Berubah Warna dan Menjadi Tempat Mandi Para Dewi di Jawa Tengah

Alpandi Pinem
2020-07-07 10:40:18
Kisah Misteri Telaga Warna Dieng yang Airnya Berubah Warna dan Menjadi Tempat Mandi Para Dewi di Jawa Tengah
Telaga Warna Dieng (Istimewa)


Berlibur ke tempat yang segar biasanya adalah pilihan tepat ketika seseorang ingin melepaskan diri dari tekanan dan hiruk pikuk kota dan pekerjaan. Seringkali, para pencari obat depresi ini mengunjungi danau atau telaga yang membawa aura segar yang kuat melalui dinginnya udara serta tenangnya permukaan air.

Namun, tempat seperti ini malah tempat yang terkenal dengan suasana mistisnya. Salah satunya yakni Telaga Warna Dieng merupakan tempat mandi para Dewi.

Telaga Warna Dieng ini merupakan salah satu destinasi wisata impian para pendaki gunung. Dengan luas sekitar 39 hektar, Telaga warna ini merupakan bekas letusan gunung purba Dieng ratusan juta tahun yang lalu. Destinasi wisata di sekitar telaga warna ini juga salah satunya adalah keberadaan gua Alam Pertapaan Mandala Sari.

Ditempat ini terdapat sebuah telaga yang cantik, dan unik. Uniknya adalah di waktu tertentu telaga ini dapat berubah-ubah warnanya, terkadang biru, hijau, kuning bahkan warna pelangi. Oleh karena itu, warga sekitar menyebutnya Telaga Warna.

Baca Juga : Kisah Misteri Candi Borobudur yang Hingga Saat Ini Masih Belum Terpecahkan

Baca Juga : Unik! Ternyata Sekolah Dasar Negeri Setan Ada di Jawa Tengah, Kok Bisa?


Telaga Warna ini berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, dan dikelilingi oleh pemandangan pegunungan dan pepohonan yang hijau. Jika kalian ingin menikmati cantiknya Telaga Warna Dieng ini, Pagi dan Siang Hari adalah waktu yang tepat untuk menikmatinya. Karena apabila kalian datang sore hari, Kalian hanya akan melihat kumpulan kabut yang menutupi lembah.

Telaga Warna Dieng bertempat di Desa Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jika kalian memasuki kawasan Dieng dan bertemu dengan pertigaan Desa Dieng Kulon dan Dieng Wetan, kalian bisa memlih jalur kanan kearah Desa Dieng Wetan. Tak jauh dari Desa Dieng Wetan jarak sekitar 800 meter, disanalah Telaga Warna Dieng berada.

Konon menurut mitos warga sekitar, dulu ada seorang bangsawan yang cincinnya jatuh ke telaga ini. Sehingga telaga ini dapat berubah-ubah warnanya sedemikian cantiknya. Namun menurut para peneliti, fenomena seperti ini berasal ketika cahaya memantul dengan endapan belerang yang terdapat di dasar telaga yang pada akhirnya menghasilkan warna-warni yang cantik.

Di Telaga Warna Dieng kalian tidak hanya dapat menikmati cantiknya warna-warni telaga. Tetapi kalian juga dapat menikmati spot-spot keren lainnya seperti Telaga Pengilon yang memiliki air sangat jernih, Batu Ratapan angin dimana kalian bisa melihat telaga dari kejauhan, Gua Semar, Gua Sumur, Gua Jaran, dan Gua Pengantin.

Dimana, ada satu spot lagi dimana kalian dapat menambah pengetahuan kalian, yaitu Dieng Pleteau Theatre. Disini kalian akan diberikan penjelasan tentang bagaimana Telaga Warna dapat terbentuk dan mengapa air yang ada dalam telaga bisa berubah-ubah warnanya melalui film.

Baca Juga : Hoboh! Anak Kambing Mirip Alien Ini Pernah Bikin Heboh Warga Purworejo

Baca Juga : Menyeramkan! Kisah Misteri Wanita Berbaju Merah yang Selalu Terlihat Malam Hari di Gapura Selamat Datang Ciamis


Spot ini sengaja dibuat agar pengunjung dapat mengetahui sejarah terbentuknya Telaga Warna Dieng. Sekilas memang seperti bioskop biasa, namun bedanya film yang diputar di teater ini adalah film ilmiah, sejarah tentang Telaga Warna Dieng.

Bagi kalian yang memiliki hobi fotografi, Telaga Warna Dieng bisa menjadi salah satu list tempat yang wajib dikunjungi. Kalian bisa mengajak sahabat, keluarga, atau pasangan kalian untuk berkunjung ke tempat ini dan berfoto bersama.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30