Modal Bank Bukopin Diselamatkan BUMN, Gimana Dampaknya ke Nasabah?

Modal Bank Bukopin Diselamatkan BUMN, Gimana Dampaknya ke Nasabah?

Ahmad Diponegoro
2020-06-25 16:17:02
Modal Bank Bukopin Diselamatkan BUMN, Gimana Dampaknya ke Nasabah?
PT Bank Bukopin Tbk mendapatkan bantuan teknis atau technical assistance dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk membenahi masalah likuiditas dan operasional bank. Foto: Istimewa

PT Bank Bukopin Tbk mendapatkan bantuan teknis atau technical assistance dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk membenahi masalah likuiditas dan operasional bank.

Hal ini tertuang dalam surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diterima BRI tanggal 11 Juni 2020 perihal permintaan technical assistance untuk Bukopin.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira mengatakan langkah ini adalah cara yang baik untuk mengembalikan kondisi likuiditas Bukopin yang merupakan sumber modal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta koperasi.

Baca Juga: Mengapa RUU HIP Banyak Dikritik? Ini Beberapa Isi yang Dipersoalkan

"Kami apresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh BRI dalam proses pendampingan dan jangan lupa bahwa Bank Bukopin ini banyak dana-dana nasabah UMKM serta juga koperasi yang ada disana," ujar Anggawira dalam siaran pers, Rabu 24 Juni 2020.

"Ini bentuk perhatian yang luar biasa dari BRI atas pendampingan yang diberikan kepada Bank Bukopin. Jangan sampai dalam situasi yang seperti ini memang bukan hanya Bank Bukopin, tapi bank lain juga likuiditasnya sangat sulit," ucapnya.

Dengan komitmen yang diberikan oleh pemerintah, diharapkan nasabah juga bisa percaya dan memberikan dukungannya. Sebab jika sampai ada perbankan yang mengalami likuidasi, maka dampaknya ke perbankan lain.

Baca Juga: Prabowo dan Menhan China Berfoto Bersama Saat Hadiri Parade Militer Rusia

"Soal Bank Bukopin ini intinya harus ada keberpihakan pemerintah dan OJK dalam penyelesaian persoalan tersebut. Karena kita ketahui bersama juga komitmen dari investor kan belum jelas yang artinya tinggal dikawinkan dengan Bank BUMN," ungkapnya.

"Tingkat kepercayaan nasabah naik, membaik karena pemerintah, dan regulator, pemegang saham sudah komitmen, serta manajemen baru akan menjaga bank ini jauh lebih bagus," tuturnya.


Share :