Garuda Indonesia PHK Sejumlah Pilot, Ini penjelasan Direktur Utama

Garuda Indonesia PHK Sejumlah Pilot, Ini penjelasan Direktur Utama

Dedi Sutiadi
2020-06-02 10:15:17
Garuda Indonesia PHK Sejumlah Pilot, Ini penjelasan Direktur Utama
Ilustrasi Pilot Garuda Indonesia. (Foto: Istimewa)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk lakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sejumlah pilotnya. Manajemen Garuda Indonesia menjelaskan hal tersebut dilakukan sebagai upaya penyelarasan sebab anjloknya jumlah penumpang selama wabaha virus corona. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra membenarkan adanya PHK yang dilakukan perseroan terhadap sejumlah pilot. Hal tersebut pada dasarnya merupakan percepatan penyelsaian kontrak lebih awal dalam jangka waktu tertentu. 

Baca juga: Ini Penyebab Garuda Indonesia Batalkan Penerbangan Abu Dhabi-Jakarta

"Pada dasarnya kebijakan yang Garuda Indonesia berlakukan adalah penyelesaian lebih awal atas kontrak kerja pegawai dengan profesi penerbang dalam status hubungan kerja waktu tertentu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin 1 Juni 2020.

Lebih lanjut Irfan memastikan, maskapai plat merah tersebut tetap membayarkan dan memenuhi seluruh kewajibannya sesuai waktu kontrak yang disepakati. Langkah tersebut diambil merespon anjloknya jumlah penumpang penerbangan selama masa pandemi Covid-19.

"Adapun kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah berkelanjutan yang perlu ditempuh dalam upaya menyelaraskan supply and demand operasional penerbangan yang saat ini terdampak signifikan imbas pandemi Covid-19," tuturnya. 

Baca juga: Penumpang Harus Datang 4 Jam Sebelum Terbang, di saat New Normal

Bukan tanpa perhitungan yang matang, percepatan penyelesaiaan kontrak tersebut terpaksa dilakukan setelah beberapa pertimbangan matang.  Irfan mengaku langkah PHK untuk sejumlah pilot adalah hal yang sulit. Namun dirinya yakin Garuda akan bisa bertahan dan operasional akan segera membaik. 

"Namun demikian, kami yakin Garuda Indonesia akan dapat terus bertahan dan kondisi operasional perusahaan akan terus membaik dan kembali kondusif sehingga mampu melewati masa yang sangat menantang bagi industri penerbangan saat ini," ucapnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30