PSBB Kota Palembang Akan Diperpanjang 14 Hari Mulai 3 Juni

PSBB Kota Palembang Akan Diperpanjang 14 Hari Mulai 3 Juni

Ahmad
2020-06-01 21:30:00
PSBB Kota Palembang Akan Diperpanjang 14 Hari Mulai 3 Juni
Foto: Istimewa

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Palembang, Sumatera Selatan bakal diperpanjang selama 14 hari. Sebab puncak penularan Covid-19 diprediksi baru akan terjadi pada pekan pertama dan kedua Juni.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan selama penerapan PSBB di Palembang sejak 20 Mei, terdapat sejumlah indikator penurunan angka penularan virus corona. Angka penularan dan reproduksi efektif (RT) menurun dari 1,29 pada 23 Mei, menjadi 0,92 pada 31 Mei dengan jumlah kumulatif kasus positif mencapai 548 kasus.

Baca Juga: PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Hingga 14 Juni

Harnojoyo berharap reproduksi efektif penularan virus corona bisa ditekan hingga di bawah 0,5. Ia mengaku akan memperpanjang PSBB selama 14 hari mulai 3 Juni 2020.

"Pada perpanjangan PSBB ini pemkot bersama TNI Polri akan lebih ketat edukasi masyarakat untuk patuh protokol kesehatan. Harapannya ini bisa jadi masa transisi, momen untuk menuju normal baru," kata Harnojoyo, Senin 1 Juni 2020.

Harnojoyo menyatakan pihaknya bakal melakukan patroli ke sejumlah fasilitas umum untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Di sisi lain, ia mengaku tengah menggodok formula agar sejumlah sektor bisa beraktivitas pada tahap new normal.

"Semua sektor berperan mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, dan sektor lainnya," ujarnya.

Sekretaris Daerah Palembang, Ratu Dewa mengatakan para guru, terutama yang berstatus aparatur sipil negara (ASN), diwajibkan untuk mulai ke sekolah untuk mempersiapkan rapor dan kurikulum tahun ajaran baru mulai 3 Juni.

Baca Juga: Pengumuman, Sekolah di Bekasi Kembali Buka Saat Tahun Ajaran Baru

Dalam Surat Edaran Kegiatan Pembelajaran Satuan Pendidikan Kembali Beroperasi Masa Kebijakan Normal Baru, tecantum kegiatan belajar-mengajar kembali dilakukan pada 15 Juni 2020.

Namun, Dewa memastikan siswa tetap belajar di rumah karena 15 Juni masih menerapkan PSBB.

"Untuk anak didik masih tetap belajar dari rumah. Adanya kebijakan-kebijakan baru nantinya akan diberi pemberitahuan kemudian," katanya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30