Penasihat Medis China: Wuhan Tak Sampaikan Kebenaran di Awal Wabah Corona

Penasihat Medis China: Wuhan Tak Sampaikan Kebenaran di Awal Wabah Corona

Ahmad
2020-05-18 14:30:25
Penasihat Medis China: Wuhan Tak Sampaikan Kebenaran di Awal Wabah Corona
Foto: AFP

Otoritas kota Wuhan di China, disebut menahan informasi detail yang penting soal awal-awal merebaknya wabah Corona. Otoritas Wuhan disebut tidak memberikan nformasi yang sebenarnya soal wabah yang muncul di wilayahnya.

Sekeadar informasi, Kota Wuhan menjadi lokasi awal terdeteksinya virus Corona (COVID-19).

Dilansir CNN, Senin 18 Mei 2020, pernyataan itu disampaikan oleh penasihat senior medis untuk pemerintah China, Dr Zhong Nanshan. Di China, Dr Zhong dikenal sebagai pahlawan SARS. Sebab, dia berjasa dalam peran melawan pandemi Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) tahun 2003 lalu.

Kali ini, Dr Zhong memimpin perang melawan virus Corona, khususnya pada masa-masa awal yang kritis.

Pada 20 Januari, Dr Zhong mengonfirmasi via televisi nasional China, CCTV, bahwa virus Corona bisa menular antar manusia. Konfirmasi ini disampaikan setelah otoritas kesehatan Wuhan selama berminggu-minggu bersikeras menyatakan tidak ada bukti penularan manusia-ke-manusia dan mengklaim wabah virus Corona bisa dicegah dan dikendalikan.

Memimpin tim pakar kesehatan dari Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) untuk menyelidiki awal wabah virus Corona, Dr Zhong mengunjungi Wuhan pada 18 Januari. Dia mengatakan bahwa begitu tiba di Wuhan, dirinya menerima banyak telepon dari para dokter dan bekas mahasiswa yang memperingatkan dirinya bahwa situasi di lapangan jauh lebih buruk dari laporan resmi otoritas Wuhan.

Dituturkan Dr Zhong bahwa dirinya curiga saat memeriksa jumlah total kasus yang secara resmi dilaporkan di Wuhan, yang tetap berada di angka 41 selama lebih dari 10 hari meskipun penularan virus Corona mulai menyebar di luar negeri.

"Saya tidak percaya hasilnya, jadi saya (terus) bertanya dan kemudian, Anda harus memberikan saya angka sebenarnya. Saya rasa mereka enggan menjawab pertanyaan saya," ucapnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30