Kim Jong Un Diduga Plesiran dengan Kapal Pesiar Mewah di Wonsan

Kim Jong Un Diduga Plesiran dengan Kapal Pesiar Mewah di Wonsan

Ahmad
2020-04-30 11:16:34
Kim Jong Un Diduga Plesiran dengan Kapal Pesiar Mewah di Wonsan
Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea, Kim Jong Un. Foto: Reuters

Ditengah isu Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang diduga tengah sakit berat, citra satelit menunjukkan adanya pergerakan kapal mewah yang sering digunakan Pemimpin Tertinggi Korea Utara di dekat Kota Wisata Wonsan. 

Tentu saja, ini memberikan indikasi lebih kuat bahwa Kim berada di resor mewahnya di Kota Wonsan. Setidaknya itu yang diprediksi oleh para ahli yang memantau rezim tertutup Korea Utara.  

Sebelumnya, spekulasi tentang kesehatan dan keberadaan Kim muncul usai dirinya tak hadir di perayaan kelahiran mendiang kakeknya, Kim Il-sung, pada 15 April. Padahal di tahun-tahun sebelumnya dia tak melewatkan perayaan itu.  

Melansir Reuters, Kamis 30 April 2020, situs web pemantau Korea Utara, NK PRO, melaporkan adanya tangkapan satelit komersial yang menunjukkan bahwa kapal yang sering digunakan Kim membuat pola pergerakan yang mengisyaratkan Kim ada di Wonsan.

Kompleks wisata Wonsan memiliki sembilan vila mewah berukuran besar dan pusat rekreasi. Terdapat beberapa fasilitas yang dibangun atas perintah Kim ketika dia mulai memimpin 2011 lalu.  

Berbagai media melaporkan rumor Kim meninggal dunia atau dalam kondisi koma. Misalnya, majalah Shuken Gendai dari Jepang mengatakan Kim dalam kondisi yang membahayakan usai jalani operasi jantung awal bulan ini.   

Penyakit Kim disebut dipicu oleh merokok berlebih, obesitas, dan terlalu banyak bekerja. Spekulasi mengenai kesehatan Kim mengemuka setelah ia terakhir muncul di media pemerintah Korut pada 11 April.   

Sebelum kapal mewahnya, pada pemantauan citra satelit sebelumnya juga menangkap potret kereta mewah milik Kim terparkir di stasiun khusus miliknya di Wonsan sejak 21 April.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30