479 Ribu Alat Tes PCR dari China dan Korsel Tiba di Indonesia

479 Ribu Alat Tes PCR dari China dan Korsel Tiba di Indonesia

Ahmad
2020-04-27 15:57:21
479 Ribu Alat Tes PCR dari China dan Korsel Tiba di Indonesia
Ketua Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: BNPB

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo menyampaikan Indonesia kembali menerima bantuan alat tes reagen Polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus corona dari Korea Selatan dan China yang tiba beberapa hari lalu.


"Dapat kami laporkan bahwa dalam beberapa hari terakhir, Gugus Tugas telah menerima sebanyak 479.000 reagen PCR yang berasal dari dua negara yakni Korea Selatan dan RRT, dan kedatangan reagen tersebut tidak terlepas dari bantuan sejumlah pihak," ujar Doni Monardo usai rapat terbatas virtual bersama Presiden Jokowi, Senin 27 April 2020.


Kepala BNPB ini menjelaskan, alat-alat tes PCR ini dapat diambil langsung di gudang Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Namun, untuk saat ini, pendistribusian alat PCR baru bisa dilakukan di Pulau Jawa saja. 


"Untuk tahap pertama, reagen yang telah kita datangkan baru bisa diambil oleh provinsi yang ada di Pulau Jawa pada Sabtu-Minggu lalu. Kami sampaikan terima kasih kepada para Gubernur yang telah tugaskan staf untuk mengambil reagen langsung di gudang di Soekarno-Hatta," ungkap Doni. 


"Untuk APD sudah terdistribusi sampai dengan kemarin sebanyak 1.305.800 unit," beber Doni. 


Terakhir, dia pun menyampaikan terima kasih atas peran serta seluruh pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, termasuk kementerian/lembaga yang telah membantu penanganan wabah COVID-19 di Indonesia. 


"Gugus Tugas sampaikan terima kasih kepada Menlu yang dapat dukungan penuh dari Dubes Korsel dan Dubes RRT, yang telah bekerja keras dengan segenap staf di KBRI sehingga reagen bisa tiba di Tanah Air. Kami sampaikan terima kasih kepada Menteri BUMN yang telah menugaskan Garuda (Indonesia) bersama tim untuk membantu menjemput reagen tersebut. Kemudian kami sampaikan terima kasih kepada Panglima TNI yang telah melakukan upaya pendistribusian reagen ke sejumlah provinsi," tutupnya.  


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30