Pakai APD Lengkap, Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 Arungi Sungai Tuntaskan Tugas

Pakai APD Lengkap, Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 Arungi Sungai Tuntaskan Tugas

Dedi Sutiadi
2020-04-20 10:00:00
Pakai APD Lengkap, Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 Arungi Sungai Tuntaskan Tugas
Petugas pengantar jenazah Covid-19 Kota Padang mengantarkan jenazah menyeberangi sungai ke pemakaman, Jumat 17 April 2020 lalu. (Foto: Istimewa)

Petugas pemakaman pasien covid-19 berpakaian APD lengkap mengarungi sungai demi tuntaskan tugas. Sebagai petugas pengatar jenazah memang harus siap sedia dengan medan dan segala situasi yang harus dihadapi. 


Dedy Darmady (35), salah satu petugas pemakaman jenazah Covid-19  Kota Padang, Sumatera Barat harus berjuang melewati sungai untuk mengatar jenazah korban covid-19. 


Dedy bersama tujuh orang lainnya, pada Jumat 17 april 2020 mendapat tugas mulia memakamkan satu jenazah Covid-19 asal Padang. Namun, keluarganya meminta agar jenazah dibawa ke pemakaman keluarga di Koto Baru, Kabupaten Solok. 


"Kebetulan keluarga korban meminta dimakamkan di kampung halamannya. Kita memiliki kewajiban untuk mengantarkannya," kata Dedy saat dihubungi Minggu 19 April 2020.


Permintaan keluarga korban covid-19 pun dipenuhi. Deddy bersama tujuh rekan lainya membawa jenazah ke Kota Baru. Perjalanan ke tempat tujuan berjarak sekitar 53 kilometer. sepanjang perjalan sekitar dua jam demi keselamatan diri tim pengantar jenazah tersebut harus tetap mengenakan APD. 


"Kita pakai APD lengkap untuk mengantisipasinya. Kemudian saya juga berdoa sebelum bertugas," kata Dedy.


Bahkan untuk sampai ke tempat keluarga korban mereka harus mengaru sungai. Maka dengan segala cara mereka lakukan demi tuntaskan tugas. Jenazah diikatkan dengan tali ke sebuah perahu karet, sedangkan beberapa petugas memegang jenazah dan yang lainnya harus mendorong perahu karet tersebut. 


Aksi mulia Deddy dan tujuh orang lainnya itupun terekam video dan menjadi viral di media sosial. Warganetpun langsung menyerbu dengan komentar bernada postif.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30