Perangi Corona, Pemerintah Targetkan Produksi 16 Ribu APD Per Hari

Perangi Corona, Pemerintah Targetkan Produksi 16 Ribu APD Per Hari

Ahmad
2020-04-15 16:41:28
Perangi Corona, Pemerintah Targetkan Produksi 16 Ribu APD Per Hari
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. Foto: BNPB

Pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien terkait virus Corona menggunakan bahan baku lokal dan sudah memenuhi standar medis.


"Kita patut bersyukur bahwa saat ini sudah bisa diproduksi dengan bahan baku lokal, yaitu menggunkana polyester 100 persen. Ini adalah untuk memenuhi kebutuhan APD dengan medical grade," kata Juru Bicara Pemerintah Terkait Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto konferensi pers yang ditayangkan YouTube BNPB, Rabu 15 April 2020.


"Dengan standar terbaik untuk memberikan perlindungan maksimal bagi seluruh petugas medis," imbuhnya.


Yuri mengatakan produksi APD itu sudah lolos uji di Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian dan sudah diakui standarnya oleh Badan Kesehatan Dunia. Yuri menyebut pemerintah menargetkan bisa memproduksi 16 ribu APD per hari.


"Kita mentargetkan bahwa produksi ini bisa dikejar sampai dengan 16 ribu APD per hari," ujar Yuri.


Yuri berharap tenaga kesehatan di seluruh Indonesia bisa bekerja dengan rasa aman. Pemerintah disebutnya serius mengupayakan perlindungan bagi semua tenaga kesehatan.


"Ini adalah upaya keras kita, sehingga diharapkan seluruh petugas kesehatan di seluruh pelosok Tanah Air bisa bekerja dengan tenang, bisa bekerja dengan rasa aman. Oleh karena itu, ini bagian dari keseriusan kita," pungkasnya.


Sebelumnya, pemerintah akan terus melakukan tes untuk mengidentifikasi seseorang yang terjangkit virus Corona. Hingga 15 April, lebih dari 36.000 spesimen yang telah dites secara PCR (polymerase chain reaction) atau tes swab.


"Sampai dengan hari ini sudah lebih dari 36 ribu sampel yang telah kita periksa," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30