Sulit Daftar Kartu Prakerja di Situs Resmi? Ini Sebab dan Solusinya

Sulit Daftar Kartu Prakerja di Situs Resmi? Ini Sebab dan Solusinya

Dedi Sutiadi
2020-04-14 19:45:00
Sulit Daftar Kartu Prakerja di Situs Resmi? Ini Sebab dan Solusinya
Ilustrasi Kartu Prakerja. (Gambar: Istimewa)

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky membenarkan adanya kesulitan para calon peserta Kartu Prakerja mendaftar di situs resmi. Sejak dibuka beberapa hari lalu, animo masyarakat untuk mengikuti program ini memang cukup sangat tinggi, ini bisa menjadi salah satu penyebab sulitnya mendaftar program tersebut. 


"Memang animo masyarakat untuk mendaftar sangat tinggi. Hampir 2 juta sejak dibuka hari Sabtu malam. Dan terus bertambah. Pendaftaran terus terbuka dan tidak dibatasi," kata Panji kepada wartawan.


Namun demikian sebab sulitnya medaftar adalah syarat dan ketentuan dasar yang telah diberlakukan. Menuert Panji kriteria yang bisa menjadi peserta program kartu pra kerja adalah mereka warga negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.


Calon peserta program kartu pra kerja juga harus mendaftarkan dirinya melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Selain itu, harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.


Adapun terkait proses seleksi, Panji menjelaskan pemilihan dilakukan secara acak oleh sistem yang dimiliki pemerintah dalam menjalankan program kartu pra kerja. Yang kemudian, penilaian lolos atau tidaknya peserta program kartu pra kerja akan dikoordinasikan dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI.


"Pemilihan [peserta] oleh sistem secara random/acak. Untuk pekerja yang terdampak PHK atau kehilangan pekerjaan, syarat dan ketentuan pendataan dari Kemnaker. NIK yang sudah diusulkan oleh Kemnaker akan didahulukan," jelas Panji kepada CNBC Indonesia, Senin 13 April 2020.


Bagi yang sampaia saat ini masih belum berhasil mendafatr bisa terus mencobanya. Jika sampai batas waktu pendaftaran masih belum terdaftar maka bisa mengikuti prgram Kartu Prakerja yang selanjutnya. 


"Pendaftaran terus terbuka dan tidak dibatasi. Bisa bergabung ke gelombang selanjutnya jika belum berhasil masuk," terangnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30