Taiwan Tuntut Dirjen WHO Minta Maaf, Ada Apa?

Taiwan Tuntut Dirjen WHO Minta Maaf, Ada Apa?

adminweb
2020-04-09 22:45:00
Taiwan Tuntut Dirjen WHO Minta Maaf, Ada Apa?
Direktur Jendral Badan Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta maaf Foto:Istimewa

Virus corona sudah menyebar ke berbagai negara di dunia bahkan kini Taiwan menuntut Direktur Jendral Badan Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta maaf. Pasalnya, kepala WHO itu menuduh Taiwan telah memprakarsai serangan-serangan pribadi terhadap dirinya dan respons WHO terhadap pandemi virus Corona.


Tak hanya itu saja bahkan dilansir AFP, Kamis 9 April 2020, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyerukan persatuan untuk memerangi virus Corona (COVID-19). Pernyataan itu dia sampaikan usai WHO dikritik oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Bukan hanya melontarkan kritik, Trump juga mengancam akan memotong pendanaan untuk WHO.


Bhakan hal ini Tedros sebisa mungkin menghindari menyebut nama Trump. Namun dia justru memilih menyebut pemerintah di Taipei, Taiwan yang telah dibekukan dari WHO setelah tekanan politik dari Beijing.


"Tiga bulan lalu, serangan ini datang dari Taiwan," kata Tedros kepada wartawan di Jenewa.


"Mereka tidak menjauhkan diri mereka (dari serangan-serangan). Mereka bahkan mulai mengkritik saya di tengah-tengah semua penghinaan dan cercaan itu, tetapi saya tidak peduli," ungkap Tedros.


Tak hanya itu saja bahakn ucapan Tedros juga memicu kemarahan di Taiwan. Taiwan menilai komentar Tedros itu tidak berdasar.


"Negara kami tidak pernah mendorong publik untuk melancarkan serangan pribadi terhadapnya atau membuat komentar diskriminatif rasial," kata Juru Bicara kementerian luar negeri, Joanne Ou kepada wartawan, Kamis 9 April 2020.


Bahkan di kabarkan bahwa Joanne menuntut Tedros memberikan klarifikasi atas ucapannya. Menurutnya, itu merupakan fitnah yang tidak bertanggung jawab.


"Pemerintah kami menuntut klarifikasi segera dan permintaan maaf dari Direktur Jenderal Tedros atas tindakan fitnah yang sangat tidak bertanggung jawab," tambahnya.


Bahkan tak hanya itu saja diketahui bahwa, hubungan antara WHO dan Taiwan memang telah memburuk sejak pandemi ini dimulai. Bahkan ketika para pakar kesehatan memuji Taiwan atas kesigapannya dalam menghadapi virus Corona.


Taiwan hanya memiliki 379 pasien COVID-19 dan lima kematian. Padahal, Taiwan dekat dan memiliki hubungan dagang dengan China.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30