Terkait Corona, Pemerintah Sebut Lebih dari 15 Ribu Spesimen untuk Tes PCR di RI

Terkait Corona, Pemerintah Sebut Lebih dari 15 Ribu Spesimen untuk Tes PCR di RI

Ahmad
2020-04-08 16:37:00
Terkait Corona, Pemerintah Sebut Lebih dari 15 Ribu Spesimen untuk Tes PCR di RI
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto. Foto: Istimewa

Hingga saat ini pemerintah telah melakukan pemeriksaan PCR terhadap lebih dari 15 ribu spesimen untuk mendeteksi virus Corona. Sekedar informasi, pemeriksaan PCR adalah langkah lebih lanjut dari screening yang dilakukan menggunakan metode rapid test.


"Sampai dengan hari ini kita sudah melaksanakan pemeriksaan lebih dari 15 ribu, ketersediaan reagan untuk PCR sudah ada sampai dengan 200 ribu. Tes PCR kita adalah tes untuk menegakkan diagnosa dari mekanisme screening yang terarah," ujar juru bicara pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, yang disiarkan melalui akun YouTube BNPB, Rabu 8 April 2020.


Yuri menjelaskan, pemerintah sampai saat ini telah melakukan screening awal dengan metode rapid test, bukan melalui tes PCR. Selain itu, langkah dilakukan melalui pelacakan riwayat perjalanan pasien Corona dan analisis risiko kontak.


"Oleh karena itu, kita tidak akan melakukan screening dengan PCR, screening yang kita lakukan adalah screening dengan rapid test. Di samping juga melalui tracing dan analisis risiko kontak yang cukup tinggi," katanya.


Lebih lanjut, Yuri mengatakan metode penggunaan PCR bukan dilakukan secara acak, namun kelanjutan dari rapid test, sehingga presentasi tes positif Corona dengan PCR cukup tinggi.


"Inilah efektivitas penggunaan PCR kita sehingga presentasi PCR dari yang kita lakukan cukup tinggi karena PCR yang kita lakukan bukan metode acak, tetapi terpilih dan terstruktur dimulai dari awal," ungkapnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30