Akui Tak Semua Alat Rapid Test Efektif, Ini Penjelasan BNPB

Akui Tak Semua Alat Rapid Test Efektif, Ini Penjelasan BNPB

Ahmad
2020-04-07 10:42:03
Akui Tak Semua Alat Rapid Test Efektif, Ini Penjelasan BNPB
Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: BNPB

Kepala BNPB Doni Monardo menyebut lebih dari 500 ribu unit alat rapid telah didistribusikan. Sayangnya, Doni mengatakan dari angka tersebut, tak semua alat rapid test efektif.


"Jadi total yang sudah terdistribusi itu bisa mencapai lebih dari 500 ribu unit. Kemudian ternyata juga rapid test ini tidak semuanya efektif. Oleh karenanya, ke depan kita lebih banyak mendatangkan PCR test," kata Doni dalam rapat dengan Komisi VIII DPR RI yang digelar secara virtual, Senin 6 April 2020.


Meskipun begitu, Doni menegaskan pemerintah tetap bakal menjalankan rapid test. Namun, rapid test ini kebanyakan tak bisa hanya sekali dilakukan. 


Doni menyebut alat rapid test yang didatangkan di Indonesia beragam. Ada alat yang ditolak negara lain namun ketika dipakai di Indonesia malah efektif.


"Jadi tetap kita lakukan rapid test ini. Hanya memang perlu konsekuensi. Biasanya tidak cukup satu kali untuk rapid test ini. Dan juga beberapa ada yang diperiksa dengan rapid test itu negatif, setelah diperiksa dengan PCR positif. Ada juga sebaliknya, ketika diperiksa menggunakan rapid test hasilnya positif. Ketika diperiksa oleh PCR negatif. Jadi ini juga menjadi persoalan," papar Doni.


"Karena beberapa jenis rapid test yang datang ke Indonesia, itu terdiri dari beberapa jenis. Tetapi ada yang ditolak di Spanyol, itu dicoba di Indonesia malah bagus. Jadi agak unik memang ini, Pak Pimpinan. Jadi ada di negara lain nggak cocok, tapi cocok di negara kita," imbuhnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30