Mengenang Bob Hasan: Bapak Atlet Indonesia dan Pengusaha yang Akrab dengan Soeharto

Mengenang Bob Hasan: Bapak Atlet Indonesia dan Pengusaha yang Akrab dengan Soeharto

Prayogo
2020-03-31 15:10:03
Mengenang Bob Hasan: Bapak Atlet Indonesia dan Pengusaha yang Akrab dengan Soeharto
Foto: Bob Hasan, Pangeran Bernard dari Belanda, dan Presiden Soeharto bermain golf, 1970 (Repro Buku Mengapa Saya Sehat)

Pengusaha yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Bob Hasan, meninggal dunia. Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah itu, meninggal dalam usia 89 tahun saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 31 Maret 2020.


Lahir di Semarang


Bob Hasan dilahirkan pada di Semarang pada 24 Februari 1931. Dikutip dari laman perpusnas.go.id, Bob Hasan adalah keturunan Tionghoa yang memiliki nama lain "The Kian Seng".


Anak Angkat Wakil KSAD Jenderal Gatot Subroto


Bob merupakan anak angkat mantan Wakil KSAD Jenderal Gatot Subroto yang kemudian dikenal sebagai pengusaha. Maka tak heran apabila Bob Hasan dan Soeharto menjadi kawan karib.




Pernah Menjabat Menteri di Era Soeharto


Bob memang awalnya dikenal sebagai pengusaha, namun dia juga pernah masuk di kabinet pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Yakni sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan di masa Kabinet Pembangunan VII (1998).




Bersahabat dengan Presiden Soeharto


Persahabatan Bob Hasan dan Soeharto bahkan sampai pada hobi olahraga. Dua sahabat kental ini belajar golf bersama dari nol. Bob Hasan dipercaya Soeharto sebagai sahabat yang bisa mencairkan suasana, bukan melulu bicara soal pemerintahan.


"Pak Harto ndak mau main golf sama orang lain, sama saya saja. Karena kalau sama pejabat ngomongnya soal pemerintahan lagi," ungkap Bob.




Menderita Kanker Paru-paru


Dia meninggal karena sakit kanker paru-paru yang sudah lama diidapnya. Kabar meninggalnya Bob disampaikan dalam keterangan PB PASI dari grup pesan Whatsapp pada Selasa 31 Maret 2020, siang.


"Innalillahi wa inna illahi rojiun. Telah kembali ke rahmatullah Bapak Bob Hasan pada pukul 11.00 WIB siang di RSPAD. Semoga amal dan ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT," tulis pesan tersebut


Share :
Tags : bob hasan

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30