Akibat Corona, Ini Lokasi di Tegal hingga Garut yang Diisolasi

Akibat Corona, Ini Lokasi di Tegal hingga Garut yang Diisolasi

Ahmad
2020-03-30 11:51:22
Akibat Corona, Ini Lokasi di Tegal hingga Garut yang Diisolasi
Foto: Istimewa

Penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19) terus dilakukan. Sejumlah daerah melakukan isolasi wilayah untuk memutus virus Corona. Isolasi wilayah dilakukan salah satunya dengan menutup sejumlah akses jalan masuk ke kota. 


Kota Tegal dan Kota Garut mulai memberlakukan isolasi wilayah per hari ini. Sementara itu, Kota Bogor baru akan menggelar simulasi isolasi wilayah hari ini. Sedangkan Kota Tasikmalaya akan melakukan isolasi wilayah per Selasa, 31 Maret 2020.


Berikut ini isolasi wilayah yang diberlakukan di sejumlah daerah mulai 30 Maret ini:


Tegal


Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memimpin langsung pemasangan beton untuk menutup akses keluar-masuk wilayahnya. Dedy pun menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat jika terganggu aktivitasnya selama masa isolasi wilayah.


"Saya juga meminta kesadarannya masyarakat Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan sekitarnya. Kami memohon maaf ini tentunya demi kebaikan bersama, ini adalah kebijakan Pemerintah Kota Tegal dan ini wujud perhatian untuk masyarakat semua," kata Dedy di sela pemasangan beton, pada Minggu, 29 Maret 2020.


Menurut dia,  tindakan tidak populis ini semata-mata demi melindungi warga Kota Tegal dari penularan virus COVID-19. Dia memilih dibenci daripada nyawa warganya terancam.


"Saya secara pribadi Wali Kota Tegal, saya lebih baik dibenci daripada maut menjemput mereka," tegas Dedy Yon.


"Ini tentunya untuk membantu pemerintah pusat untuk menangani COVID-19 dan juga saya mengajak, menyerukan kepada seluruh kepala daerah, seluruh gubernur, seluruh bupati dan wali kota. Ayo kita bersama-sama mengisolasikan seluruh daerahnya masing-masing. Jangan nanti menyesal sebelum terlambat," ungkapnya.


Isolasi wilayah di Kota Tegal dilakukan dengan menutup 49 titik akses masuk Kota Tegal. direncanakan berlangsung mulai 30 Maret 2020 sampai 30 Juli 2020.


Garut


Pemerintah Kabupaten Garut akan membatasi gerak masyarakat dengan menutup sejumlah ruas jalan demi mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.


Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan pembatasan gerak dipusatkan di kawasan Pengkolan atau pusat perkotaan Garut.


Rencananya, sejumlah jalan akan ditutup. Kebijakan tersebut akan diterapkan mulai Senin 30 Maret 2020.


Rudy menambahkan lockdown akan dilakukan ketika ada masyarakat yang positif Corona. Lockdown dilakukan dengan skala kecamatan.


"Karantina wilayah yang akan dilakukan adalah beberapa kecamatan jika nanti terjadi. Misalnya Kecamatan Cihurip. Kita lock," ujarnya.


"Kita ini tidak akan melakukan karantina wilayah, yang ada pembatasan orang di Kabupaten Garut," kata Rudy.


Bogor


Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan melakukan simulasi karantina wilayah besok.


"Nah mulai besok saya sampaikan ke Dinas Perhubungan untuk mulai simulasi-simulasi, termasuk membuat semacam check point untuk mengurangi semaksimal pergerakan masyarakat yang tidak perlu, yang tidak urgen, yang masih menganggap situasi ini, situasi normal, biasa saja. Jadi nanti Dinas Perhubungan akan melakukan simulasi besok," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, saat memberi keterangan di YouTube Pemerintah Kota Bogor, pada Minggu 29 Maret 2020.


Sementara untuk skenario karantina seluruh wilayah Kota Bogor, dilakukan penyekatan di 9 titik menuju Kota Bogor. Kesembilan lokasi itu, sebagai berikut:


1. Simpang Baranangsiang (menuju Tugu Kujang/SSA)


2. Simpang Empang (menuju BTM/SSA)


3. Simpang Gn. Batu (menuju Jl. Veteran)


4. Simpang RSUD (menuju Semeru/SSA)


5. Simpang Air Mancur (menuju Sudirman/SSA)


6. Simpang BOOR (menuju Wr Jambu/SSA)


7. Simpang Marwan (dari arah Pangrango/SSA)


8. Simpang Ekalokasari (menuju Baranangsiang/SSA)


9. U-Turn Polsek Bogor Timur (menuju Baranangsiang/SSA)


Pada masing-masing persimpangan, baik untuk karantina kewilayahan terbatas maupun karantina seluruh wilayah Kota Bogor, akan diberi water barrier dan dijaga personel.


Tasikmalaya


Setelah diketahui ada lima orang positif Corona (COVID-19), Pemkot Tasikmalaya rencananya menerapkan karantina wilayah mulai Selasa, 31 Maret 2020. Langkah tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona.


"Kita meminimalisir yang mudik dan pulang kampung karena banyak sekali sekarang pabrik yang tutup di Jabodetabek dan sebagainya. Kami sepakati rencana Selasa (31 Maret) akan karantina wilayah," kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, pada Sabtu (28/3/2020).


"Ini bukan lockdown. Kalau lockdown mengunci semua. Tetapi ini karantina wilayah atau pembatasan wilayah, meminimalisir orang masuk ke Kota Tasikmalaya, memeriksa orang masuk dan keluar Tasikmalaya. Ini salah salah satu cara meminimalisir penyebaran virus Corona di Tasikmalaya," Budi menambahkan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24