Presiden Jokowi: Tes Massal Virus Corona Dimulai Hari Ini

Presiden Jokowi: Tes Massal Virus Corona Dimulai Hari Ini

Dedi Sutiadi
2020-03-20 18:44:11
Presiden Jokowi: Tes Massal Virus Corona Dimulai Hari Ini
Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

Presiden Joko Widodo mengungkapkan tes massal virus corna atau rapid test covid-19 akan segera dimulai pada hari ini. Adapun wilayah-wilayah yang diutamakan melakukan tes massal ini ialah wilayah yang terindikasi jadi wilayah penyebaran virus corona. 


"Hari ini pemerintah mulai rapid test sebagai upaya memperoleh indikasi awal apakah seseorang terpapar Covid-19," kata Jokowi dalam keterangan di Istana Kepresidenan, Jumat 20 Maret 2020.


Presiden mengkliam tes massal ini tela dilaksanakan sejak sore hari ini. Tes massal atau Rapid test virus corona ini dilakukan di wilayah-wilayah yang diketahui rawan penyebaran virus corona karena kontak tracing dengan pasien-pasien positif corona.


Cara rapid test adalah dengan mendatangi rumah warga yang terindikasi melakukan kontak dengan pasien positif, untuk kemudian dilaksanakan tes corona.


"Sehingga memang ada prioritas. Kita prioritaskan dari hasil pemetaan, menunjukkan indikasi paling rawan, di Jakarta Selatan," kata Jokowi.


Presiden juga menambahkan bahwa pemerintah sudah tidak lagi memonopoli tempat dilakukannya pemeriksaan atau tes virus corona.


Pemerintah memutuskan desentralisasi tes dengan memberikan kewenangan kepada laboratorium-laboratorium yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan. Sebelumnya, tes corona hanya dilakukan di Balitbangkes saja.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30