Kemlu Benarkan Tiga WNI Positif Covid-19

Kemlu Benarkan Tiga WNI Positif Covid-19

Dedi Sutiadi
2020-03-16 22:15:00
Kemlu Benarkan Tiga WNI Positif Covid-19
Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah. (Foto: Istimewa)

Kementerian Luar Negeri RI membenarkan adanya tiga warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus corona atau biasa yang disebut COVID-19 setelah mengikuti tablig akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia. Tiga WNI itu kini dirawat di RS Malaysia.


"Betul (tiga WNI positif Corona di tablig akbar Malaysia)," ujar Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi, Senin 16 Maret 2020.


Faizasyah menyampaiakn ketiga WNI saat ini tengah mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit setempat di Malaysia. Menurut data Kemlu, kondisi tiga WNI tersebut stabil.


"Ketiganya dalam perawatan di rumah sakit setempat di Malaysia," jelasnya.


Untuk diketahui, otoritas Malaysia sebelumnya mengonfirmasi ada 10 ribu orang yang hadir dalam acara tablig akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia. Lima ribu orang di antaranya merupakan warga Malaysia dan sisanya dari beberapa negara.


Diperkirakan jemaah yang datang berasal dari beberapa negara, antara lain Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, China, India, Bangladesh, Myanmar, Aljazira, Tunisia, Jordan, Afrika Selatan, Australia, Arab Saudi, Korea Selatan, Gambia, Kanada, Selandia Baru, Jerman, Mesir, Tanzania, dan Jepang.


KBRI Kuala Lumpur, sebelumnya, juga meminta WNI yang mengikuti tablig akbar diperiksa ke rumah sakit. Hal itu tertuang dalam surat edaran KBRI Kuala Lumpur bahwa setiap WNI yang ikut tablig akbar tersebut agar melaksanakan imbauan Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM).


"WNI yang ikut dalam tablig akbar itu juga diminta segera melakukan pemeriksaan dan penanganan ke rumah sakit yang sudah ditetapkan Pemerintah Malaysia bila mengalami demam dan diikuti batuk dan gangguan pernapasan," tulis edaran tersebut seperti dilihat detikcom, Jumat 13 Maret 2020.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30